Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Terlalu Sering Duduk saat di Kantor? Waspada Bahaya Obesitas

19 Desember 2022



Karyawan perkantoran atau yang biasa disebut karyawan di ‘belakang meja’ menghabiskan waktu dengan duduk menatap laptop. Dari sembilan jam waktu bekerja, mungkin aktivitas duduk di kursi kerja bisa mencapai tujuh jam. Hanya sedikit sisa waktu yang digunakan untuk bergerak ke toilet, atau ke tempat makan siang.  

Kebiasaan ini tanpa disadari bisa menimbulkan masalah kesehatan. Salah satu masalah yang bisa timbul adalah obesitas. Ancaman itu bisa terjadi karena karyawan kurang gerak akibat terlalu sering duduk sambal bekerja. Masalah kesehatan serta ancaman obesitas bisa tambah parah bila rutinitas duduk dilakukan sambal memakan camilan.

Yuk mulai evaluasi aktivitas Anda selama berada di kantor.  Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Atur Ulang Jadwal Makan
Kebiasaan makan camilan saat bekerja bisa mengganggu jadwal makan Anda. Beberapa orang mungkin tidak makan siang karena terlalu sering makan camilan saat pukul 09.00-10.00 pagi. Oleh karena itu, usahakan menghindari makan camilan ketika mendekati makan siang. Dengan begitu, Anda akan merasa lapar dan makan siang tepat waktu. Jadwal makan teratur dapat membantu kerja metabolisme tubuh lebih baik, sehingga berat badan bisa dikendalikan.

Baca Juga
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Ragam Langkah Antisipasi Menghadapi Teror Gagal Jantung
Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen

Perbanyak Aktivitas
Melakukan olahraga berat tentu sulit dilakukan saat Anda berada di kantor. Sebagai gantinya, lakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki di sekitar kantor atau menggunakan akses tangga ketika menuju ruang meeting. Menggunakan smartwatch/sportwatch bisa dipertimbangkan sebagai pengingat agar Anda rutin bergerak di tengah kesibukan di belakang meja. Sebab, smartwatch/sportwatch punya fitur reminder yang memberikan notifikasi ketika Anda sudah terlalu lama duduk dan butuh jalan beberapa langkah.

Mengganti Camilan
Mengkonsumsi camilan biskuit ditemani segelas kopi atau teh memang sangat menggoda. Namun kebiasaan itu sebaiknya dihentikan. Sebisa mungkin mengganti camilan dengan buah-buahan dan biasakan untuk rajin minum air putih.

Anda juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan agar terhindar dari risiko yang bisa timbul akibat penyakit obesitas. Perlindungan kesehatan bisa kamu miliki dengan menggunakan handphone dari mana saja. Termasuk saat Anda duduk di kantor. Cara membeli asuransi via online dapat dilakukan dengan membeli asuransi Sequis melalui kanal distribusi online-nya, yakni Super You. Kunjungi www.sequis.co.id dan www.superyou.co.id untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai kemudahan berasuransi secara online.

Butuh bantuan ?