Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tetap Terjaga dan Cara Ampuh Melawan Rasa Ngantuk

5 September 2023



Kantuk atau 'mengantuk/ngantuk' adalah reaksi alamiah yang dirasakan tubuh ketika sudah terlalu lelah. Biasanya, rasa kantuk muncul pada siang dan malam hari. Namun, apa jadinya bila Anda tetap harus terjaga walau rasa kantuk 'menyerang'? Biasanya, situasi ini terjadi saat Anda harus terjaga lantaran ada pekerjaan yang harus diselesaikan atau sedang dalam kondisi genting yang mengharuskan Anda tetap siaga.

Baca Juga: Makanan Terbaik untuk Sarapan Agar Tidak Ngantuk dan Lemas

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap terjaga dan mengurangi rasa kantuk meskipun Anda kurang tidur:

Hindari mengonsumsi kafein dan minuman berenergi
Ternyata mengonsumi minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman energi bisa membuat Anda ngantuk. Memang, minuman seperti itu dapat memberikan dorongan energi untuk sementara waktu. Namun, memunculkan efek mengantuk pada jangka panjang.

Baca Juga: Mengantuk Usai Makan Siang? Siasati dengan 6 Tips Ini

Lakukan gerakan atau peregangan
Silakan berdiri dan lakukan beberapa gerakan ringan atau peregangan ketika rasa ngantuk muncul. Ini dapat membantu membangkitkan kembali energi tubuh Anda dan meningkatkan sirkulasi darah.

Pilih makanan yang sehat
Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu menjaga energi Anda tetap stabil. Hindari makanan berat dan penuh karbohidrat yang dapat membuat Anda lebih mengantuk. Sebaliknya, pilih makanan yang kaya akan protein, serat, dan vitamin untuk memberikan energi yang lebih tahan lama.

Selain itu, makan siang terlalu banyak menjadi salah satu penyebab rasa mengantuk muncul. Oleh karena itu, usahakan makan siang dalam porsi yang wajar. Agar tidak merasa terlalu lapar pada siang hari, silakan mengonsumsi camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan saat sarapan dan beberapa jam sebelum makan siang.

Baca Juga: Jenis Olahraga Pagi yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Hindari lingkungan yang terlalu nyaman
Hindari duduk atau berbaring dalam posisi yang terlalu nyaman agar tubuh tidak semakin rileks dan berujung mengantuk. Cobalah untuk tetap dalam posisi tegak atau beraktivitas agar tetap terjaga.

Mendapat cahaya terang
Cahaya terang dapat membantu membangkitkan kewaspadaan Anda. Bila memungkinkan, berada di dekat jendela atau tempat yang terpapar cahaya alami agar tubuh tidak mudah mengantuk.

Baca Juga: Akibat Kurang Tidur dan Begadang yang Perlu Diketahui

Lakukan aktivitas fisik ringan: Jika memungkinkan, lakukan beberapa latihan fisik ringan seperti berjalan-jalan singkat atau melakukan beberapa gerakan di tempat. Aktivitas fisik dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu membangkitkan energi.

Bicaralah dengan orang lain
Berinteraksi dengan orang lain dapat membantu menjaga pikiran tetap terjaga. Silakan ajak teman atau rekan kerja untuk berbicara atau melakukan kegiatan yang membutuhkan pikiran yang fokus.

Butuh bantuan ?