Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Makanan Terbaik untuk Sarapan Agar Tidak Ngantuk dan Lemas

20 Juli 2023



Merasa cepat lelah selama menjalani aktivitas padat di pagi hingga siang hari? Atau Anda merasa mengantuk ketika baru sampai di kantor/kampus/kuliah? Mungkin, itu disebabkan pola serta menu sarapan Anda yang keliru.

Menurut gramedia.com, menu sarapan yang disantap bakal menentukan kondisi badan seseorang hingga siang hari. Salah pilih menu sarapan bisa membuat seseorang mengantuk. Sedangkan bila melewatkan sarapan,  kemungkinan besar tubuh akan merasa lebih lemas karena berada dalam kondisi lapar.

Supaya hal itu tidak terjadi, ada baiknya mengonsumsi beberapa menu makanan berikut agar tubuh Anda tetap bugar hingga kembali menyantap makanan saat siang hari:

1. Makanan Kaya Serat
Konsumsi serat bisa didapatkan dari buah, sayur, dan biji-bijian. Ketiganya bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Sejumlah pakar medis menyarankan agar Anda mengombinasikannya dengan makanan karbohidrat. Sebab, terlalu banyak makan serat membuat seseorang haus sepanjang hari. Ini terjadi karena protein dan serat butuh banyak air untuk dicerna

Baca Juga
Hindari Kecelakaan, Ini Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol
Jenis Olahraga Pagi yang Efektif Menurunkan Berat Badan
Akibat Kurang Tidur dan Begadang yang Perlu Diketahui
Viral Perempuan Stroke Akibat Sering Begadang, Kok Bisa?
Hobi Begadang Rentan Picu Diabetes dan Penyakit Jantung

2. Makanan Karbohidrat
Jenis makanan tinggi serat bisa didapatkan dari roti, nasi, atau kentang. Ketiganya mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa menjaga tingkat energi Anda selama beraktivitas pada pagi hingga siang hari.

3. Kopi
Kopi adalah minuman terbaik untuk memulai hari. Kafein yang terkandung di dalamnya, mampu meningkatkan detak jantung sehingga Anda lebih 'mood', bertenaga, dan fokus.

Baca Juga: Mengantuk Usai Makan Siang? Siasati dengan 6 Tips Ini

4. Protein dari Produk Susu dan Daging Tanpa Lemak
Makanan seperti itu bisa Anda dapatkan dari susu, telur, ayam, dan yogurt. Menurut sejumlah literasi, jenis makanan ini akan membantu memperkuat kekebalan tubuh selama berpuasa dan merupakan beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sahur.

5. Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan terbaik untuk sarapan, bagi pecinta sereal. Selain kaya serat dan mengenyangkan lebih lama, oatmeal mengandung antioksidan yang tinggi, serta mampu mengurangi tekanan darah.

Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa sereal dengan oat utuh bisa menjadi cara efektif dalam manajemen hipertensi ringan (tipe I).

Butuh bantuan ?