Yuk, Kenali Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

14 Januari 2022



Sebelum membeli asuransi jiwa, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis asuransi jiwa. Dengan begitu, Anda tahu kelebihan masing-masing dan bisa membeli yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Jenis asuransi jiwa antara lain:

Asuransi jiwa berjangka (Term Life Insurance)
Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance berfungsi untuk memberikan proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Asuransi jiwa jenis ini biasanya memberi penawaran masa kontrak selama 5-20 tahun. Premi yang harus Anda bayarkan bersifat tetap dan cukup terjangkau. 

Asuransi jiwa ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan jiwa namun dengan kemampuan finansial yang terbatas. Masa pertanggungan yang dipilih menentukan jumlah premi. Jadi, makin lama masa pertanggungan, makin kecil premi yang harus dibayar setiap tahun. Uang Pertanggungan bisa diberikan kepada ahli waris pemegang polis apabila tertanggung meninggal saat masa kontrak asuransi masih aktif. Contoh asuransi jiwa berjangka misalnya, Sequis Term Life Plus

Baca Juga
Kenali Macam Asuransi Jiwa Agar Sesuai Kebutuhan
Rekomendasi Asuransi Jiwa Unit Link Terbaik 2021
Daftar Asuransi Jiwa Terbaik dan Tepercaya
Apa Saja yang Ditanggung dalam Asuransi Jiwa?
Asuransi jiwa yang Pas Untuk Anak Muda

Asuransi jiwa seumur hidup (Whole Life Insurance)
Dengan memiliki asuransi jiwa ini, Anda akan mendapat perlindungan seumur hidup. Jenis asuransi jiwa ini dapat dijadikan tabungan jangka panjang. Contohnya, Q Smart Life New Gen Insurance

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)
Asuransi ini memiliki manfaat sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Ahli waris bakal memperoleh nilai tunai berupa Uang Pertanggungan bila Tertanggung meninggal dunia. Contoh produk asuransi jiwa dwiguna adalah Q Protection.

Asuransi jiwa unit link
Asuransi jiwa unit link menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Asuransi ini sesuai untuk calon nasabah yang ingin memiliki jaminan perlindungan jiwa dan tertarik berinvestasi namun belum memahami seluk beluk investasi. Keuntungan lain dari asuransi jiwa jenis ini adalah Anda sebagai pemegang polis akan mendapatkan manfaat perlindungan serta hasil investasi dengan bunga per tahun yang relatif stabil tergantung kondisi ekonomi di pasar. Contoh asuransi unit link dari Sequis adalah SequislinQ New Gen Protector
 
Itulah beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pilih sebagai sumber dana dan bekal perlindungan untuk hari tua dan keluarga. Ingat, penting bagi Anda untuk melakukan perencaan yang cermat dan memilih jenis asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan. 

Selain itu, pilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik. Reputasi serta kinerja perusahaan asuransi bisa dicek dari laporan finansial yang dapat diakses di situs resmi perusahaan. 

Butuh bantuan ?