Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Asuransi Rawat Jalan atau Rawat Inap, Pilih yang Mana?

16 September 2021



Seseorang cenderung memutuskan untuk berobat jalan dan mengonsumsi obat yang diresepkan dokter bila menderita penyakit ringan. Berobat jalan memang tidak ada tindakan dan penanganan intensif. Namun biaya yang dikeluarkan tetap bisa mengganggu cash flow, yakni sebesar Rp200 ribu hingga di atas Rp1 juta. 

Pengeluaran itu bisa dihindari bila seseorang memiliki asuransi rawat jalan. Biasanya, komponen biaya yang ditanggung oleh perlindungan rawat jalan adalah biaya kontrol, biaya obat-obatan, laboratorium, dan masih banyak lagi tergantung polis asuransi. 

Penyakit yang ditanggung oleh asuransi rawat jalan juga cukup banyak. Biaya yang diakibatkan oleh penyakit ringan seperti demam, batuk, pilek perawatan gigi, bahkan juga perawatan setelah kecelakaan bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun ada baiknya Anda mengonfirmasi kepada agen untuk mengetahui daftar penyakit yang ditanggung asuransi rawat jalan secara lebih lengkap. 

Tanyakan pula kepada agen mengenai limit yang diberikan perusahaan asuransi untuk produk asuransi rawat jalan. Lalu, cari tahu rumah sakit yang bisa digunakan untuk rawat jalan, frekuensi kunjungan yang bisa Anda lakukan dalam sebulan atau setahun, dan maksimum biaya pertanggungan yang diberikan per tahun. 

Lalu, nasabah asuransi rawat jalan biasanya diharuskan mendapatkan rujukan dari dokter umum terlebih dahulu sebelum bisa berobat ke dokter spesialis.

Bagaimana dengan asuransi rawat inap? Asuransi rawat inap menanggung biaya kamar rumah sakit, jasa visit dokter, obat-obatan serta laboratorium selama masa perawatan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memiliki asuransi kesehatan rawat inap. Salah satunya mengetahui secara pasti kelas kamar yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Selain itu, pahami juga kapan dan bagaimana cara mengajukan klaim. Ada perusahaan yang menetapkan klaim bisa dicairkan bila nasabah dirawat di rumah sakit minimal dua hari. Ada pula yang cukup dirawat 6-12 jam.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Jaminan mendapatkan kenyamanan selama perawatan menjadi salah satu keuntungan memiliki asuransi rawat inap. Tanpa adanya asuransi rawat inap, sebagian orang harus menomorduakan kenyamanan karena tuntutan menekan pengeluaran dengan memilih fasilitas kamar termurah. 

Manfaat asuransi rawat inap yang juga bisa didapat adalah kesempatan mendapatkan perawatan kesehatan saat keadaan darurat. Dalam semua kondisi ekonomi (memiliki dana darurat atau tidak), Anda atau salah seorang anggota keluarga bisa langsung mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan segera tanpa harus memusingkan biaya yang ditimbulkan. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, peluang untuk sembuh juga akan lebih cepat.

Asuransi rawat inap atau asuransi rawat jalan sama-sama memberikan manfaat optimal untuk Anda dan keluarga. Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih salah satu atau keduanya sekaligus. 

Silakan memilih asuransi kesehatan yang dimiliki Sequis. Anda bisa berkunjung ke www.sequis.co.id atau langsung ke halaman ASURANSI KESEHATAN SEQUIS

Butuh bantuan ?