Cara Ampuh Menyehatkan Keuangan Pasca Lebaran


Satu minggu sebelum lebaran dan satu minggu setelah lebaran adalah momen krusial untuk keuangan Anda. Sebelum lebaran, uang Anda bakal terkuras untuk membeli baju baru, bukber, serta dana mudik. Setelah lebaran, uang menipis karena terpakai untuk membagikan THR ke keponakan, adik, hingga asisten rumah tangga (ART). Selain itu, ada pula pengualaran untuk hiburan seperti mengajak keluarga jalan-jalan serta makan di restoran.

Beragam pengeluaran itu membuat finansial Anda bisa goyah setelah lebaran. Bila tidak disikapi dengan baik, Anda bisa kesulitan keuangan ketika sudah harus kembali ke kota dan kantor. Nah, agar problem finansial pasca lebaran tidak Anda alami, sebaiknya melakukan beberapa tips simple berikut ini:

Susun rencana keuangan
Tetapkan dengan pasti uang yang bakal Anda gunakan untuk belanja sebelum lebaran serta pasca lebaran. Dengan begitu, Anda bisa 'ngerem' ketika uang yang sudah disiapkan mulai menipis. Dengan perencanaan keuangan yang jelas, Anda bisa terhindar dari penggunaan uang yang kalap atau bahkan menggunakan kartu kredit untuk pemenuhan kebutuhan pasca lebaran.

Baca Juga
Yuk, Pulihkan Kembali Kondisi Keuangan Pasca Lebaran
Cara Cermat dan Bijak Menggunakan THR
Makan Kalap saat Lebaran, Simak Tips Kecilkan Perut Buncit

Mengetahui kebutuhan, kewajiban, dan keinginan
Zakat, membeli baju lebaran, bayar THR ART, memberikan sanak keluarga 'uang amplop' lebaran, dan ajak keluarga jalan-jalan menjadi beberapa pengeluaran wajib Anda selama momen lebaran. Jadi, usahakan untuk tidak mengeluarkan uang untuk keperluan lain terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menunda keinginan beli tas atau sepatu baru menggunakan gaji serta THR lebaran.

Jangan ganggu dana darurat
Sesuai namanya, dana darurat harus digunakan untuk momen darurat. Tabungan menipis saat lebaran bukanlah momen darurat yang dimaksud. Bila tabungan sudah menipis, usahakan untuk berhenti membeli barang konsumtif. Ingat, hal-hal tidak terduga bisa terjadi pasca lebaran. Bila musibah datang, Anda punya 'pegangan' berupa dana darurat untuk pertolongan pertama.

Mengurangi kegiatan konsumtif
Ingat, tabungan Anda sudah terkuras selama momen lebaran. Jadi, tahan dulu keinginan makan di restoran, nonton bioskop, atau kegiatan yang sifatnya tidak wajib selepas Anda merayakan Hari Raya. Setidaknya, Anda tidak melakukan kegiatan-kegitan itu hingga keuangan kembali pulih.

Baca Juga
Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Sebelum Mudik Lebaran
Tips Tubuh Fit dan Bebas Covid-19 saat Mudik Lebaran 2022

Sisihkan THR untuk asuransi kesehatan
Sakit dan kecelakaan merupakan risiko yang berpotensi dialami oleh semua orang. Bahkan, musibah itu bisa dialami oleh masyarakat yang bakal melakukan perjalanan mudik lebaran 2022.

Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya terlindungi oleh asuransi kesehatan sebelum melakukan mudik tahun ini. Dengan memiliki asuransi kesehatan, masyarakat bisa mendapatkan perawatan optimal bila mendadak sakit saat di kampung halaman atau saat kembali ke kota. Dengan memiliki asuransi kesehatan pula, masyarakat tak perlu risau dengan biaya rumah sakit yang harus dibayarkan.

Butuh bantuan ?