Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Memilih Produk Asuransi yang Tepat dan Murah

1 November 2022



Produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi di Indonesia sangat beragam. Jadi, Anda harus memastikan produk asuransi yang dipilih sudah sesuai kebutuhan dan bujet. Nah, cara untuk memastikan produk asuransi yang tepat dan murah bisa dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Beli asuransi saat masih muda
Apapun jenis asuransi yang akan dipilih, pastikan Anda membelinya saat masih muda dan sehat. Dengan begitu, Anda berpeluang mendapatkan asuransi dengan manfaat maksimal dan harga premi yang murah. Sebaliknya, usia yang makin tua akan menyebabkan premi yang tinggi. Sebab, risiko usia tua lebih rentan terhadap berbagai risiko penyakit.

2.    Durasi Pertanggungan
Durasi pertanggungan memengaruhi harga premi. Harga premi asuransi bakal mahal bila durasi pertanggungan sangat panjang.

3. Perhatikan Manfaat Tambahan
Biasanya ada manfaat tambahan yang ditawarkan dari produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Anda tidak perlu mengambil manfaat tambahan bila tidak sesuai kebutuhan.

Baca Juga
Memahami Jenis Asuransi Sebelum Membeli
Jenis Asuransi untuk Anak Anda
Cara Mendapatkan Manfaat Maksimal Berbagai Jenis Asuransi
Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia
Ini 4 Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Pahami

4. Tidak memiliki hobi ekstrem
Hobi menjadi salah satu hal yang disoroti perusahaan asuransi ketika menilai calon nasabahnya. Orang-orang dengan hobi tertentu terutama olahraga ekstrem, berpotensi dikenakan premi yang lebih besar.
Informasi mengenai hobi kerap diabaikan oleh nasabah ketika mengisi formulir. Padahal, tindakan tersebut bisa memengaruhi proses klaim. Bila informasi mengenai hobi tidak disertakan, ada kemungkinan klaim tidak akan dibayarkan bila Tertanggung mengalami kecelakaan atau meninggal dunia saat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan hobinya.

Beberapa hobi, kegiatan, atau olahraga yang dinilai mengandung risiko di antaranya:
1.  Balap mobil
2.  Balap motor
3.  Balap kuda
4.  Berlayar
5.  Mendaki gunung
6.  Bertinju
7.  Memanjat tebing
8.  Terjun payung (sky diving)
9.  Bungee jumping
10. Cave diving
11. Gantole
12. Kite surfing, dll.

Butuh bantuan ?