Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Memahami Jenis Asuransi Sebelum Membeli

5 Maret 2021


Masih banyak masyarakat yang belum paham dengan jenis-jenis asuransi yang saat ini ditawarkan


Asuransi menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan selama satu tahun terakhir. Pandemi covid-19 menjadi penyebabnya. Kini, masyarakat mulai menyadari pentingnya memproteksi kesehatan dan keuangan keluarga. 

Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum paham dengan jenis-jenis asuransi yang saat ini ditawarkan. Pada akhirnya, tidak sedikit dari mereka yang merogoh kocek besar untuk mendapatkan proteksi. Padahal, premi asuransi bisa sangat terjangkau bila masyarakat mengambil asuransi yang sesuai kebutuhan.

Jadi, sebelum Anda memutuskan membeli produk asuransi, ada baiknya mengenal Jenis Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan. 

Beda Risiko, Beda Asuransi
Setiap risiko harus dihadapi dengan cara yang berbeda. Jika Anda memiliki tabungan dan takut semuanya habis hanya gara-gara sakit, ada baiknya memiliki asuransi kesehatan. Sedangkan bagi Anda yang menjadi pemberi nafkah utama di dalam keluarga dan tidak ingin meninggalkan istri dan anak-anak dalam kesulitan finansial, produk asuransi jiwa adalah jawaban yang tepat untuk Anda.

Baca Juga
Jenis Asuransi untuk Anak Anda
Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Cara Mendapatkan Manfaat Maksimal Berbagai Jenis Asuransi
Jenis-Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui
Ini 4 Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Pahami

1.    Pertanggungan jiwa
Jenis proteksi ini menanggung risiko kematian tertanggung dengan memberikan kompensasi berupa Uang Pertanggungan (UP) kepada anggota keluarga yang ditunjuk sebagai ahli waris. Pemberian dana kompensasi ini diharapkan mampu menanggulangi kondisi finansial yang tidak menentu setelah ketidakhadiran tulang punggung keluarga.

Sebuah kematian yang mendadak tentu menjadi pukulan berat bagi anggota keluarga yang ditinggalkan sehingga perusahaan penyedia jasa proteksi berinisiatif untuk memberikan kesempatan bagi keluarga yang kehilangan pencari nafkah utama untuk tetap melanjutkan hidup dengan baik tanpa terbebani masalah finansial.

2.    Pertanggungan kesehatan
Biaya perawatan kesehatan di Indonesia cenderung mengalami peningkatan setiap tahun. Nah, keberadaan asuransi kesehatan membuat Anda tidak perlu memusingkan hal itu. Dengan biaya premi yang dibayarkan secara rutin, Anda tidak lagi dibebani dengan biaya pengobatan dan tindakan perawatan medis lain bila jatuh sakit karena ada asuransi yang akan membayarnya. Untuk itu, pilihlah asuransi kesehatan yang menyediakan jaminan perawatan kesehatan yang layak sesuai dengan kebutuhan medis Anda.

3.    Pertanggungan dana pendidikan
Ketika Anda menabung untuk dana pendidikan anak, terkadang tidak dapat berjalan lancar dan teratur. Sebab ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi. Tentu saja, hal ini berpotensi terjadi berkurangnya dana yang Anda miliki ketika anak membutuhkan biaya pendidikan. Sebaliknya, dengan mengikuti program asuransi pendidikan untuk anak, hal tersebut tidak akan terjadi sebab Anda sudah secara rutin membayar biaya premi sesuai jangka waktu dan nominal yang dikehendaki sehingga dana yang dibutuhkan untuk pendidikan anak sudah terjamin dan tambahannya juga Anda telah sekaligus dilindungi dengan asuransi jiwa sehingga apapun yang terjadi pada Anda dana Pendidikan tetap akan diberikan sesuai jadwal yang telah disepakati sebelumnya.

Pengelolaan risiko dengan cara yang tepat memang tidak akan menjamin bahwa Anda terbebas sepenuhnya dari sebuah konsekuensi musibah tak terduga. Namun memiliki asuransi setidaknya bisa meminimalkan kerugian yang Anda terima atas risiko hidup yang terjadi pada masa depan.

Butuh bantuan ?