Jenis Asuransi untuk Anak Anda

28 September 2020



Bagaimana cara untuk menentukan perlindungan terbaik bagi anak Anda? Tinjau beberapatips berikut ini.Memiliki seorang anak adalah dambaan bagi setiap keluarga. Keluarga yang mempunyai anak harus mulai memikirkan kebutuhan akan jenis-jenis asuransi dan manfaatnya untuk mendukung pertumbuhan, kesehatan, dan pendidikan anaknya di masa depan. Dalam hal ini, para orang tua tidak hanya berperan sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk merawat anaknya namun juga harus menyediakan perlindunganyang mumpuni agar anak tersebut dapat meraih cita-citanya dan terhindar dari risiko yang berpotensi terjadi di masa depan. 

Biaya perawatan pada awal kehidupan anak memberikan gambaran bahwa anak Anda membutuhkan dukungan finansial yang cukup besar di masa depan. Siapkah Anda untuk memberikan sokongan keuangan  yang cukup bagi anak Anda? Jika Anda masih belum menentukan kebutuhan proteksi apa yang mendesak bagi balita Anda, poin-poin berikut ini dapat membantu Anda untuk mengenalinya.

Menentukan prioritas

Proteksi yang ditujukan untuk konsumen anak memiliki jenis yang beragam seperti proteksi kesehatan, jiwa, dan pendidikan. Mana yang seharusnya menjadi prioritas? Jika ditinjau dari usianya,untuk  seorang anak yang masih bersekolah sebaiknya diberikan asuransi pendidikan. Sebagaimana Anda tahu, pendidikan adalah salah satu faktor paling penting yang wajib diperhatikan dan dipenuhi oleh orang tua. Hal ini akan sangat memengaruhi keberhasilan dan kesuksesan yang akan diraih anak di masa yang akan datang, karena pendidikan akan menjadi bekal mereka dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan sejak dini, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup dan bisa memastikan ketersediaan dana untuk kebutuhan tersebut. 

Untuk menanggung biaya perawatan anak balita, Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan. Perlindungan ini akan menanggung biaya kesehatan yang harus dijalani oleh anak Anda.  Ada banyak juga jenis- jenis asuransi lain yang juga dapat Anda pertimbangkan untuk melengkapi proteksi kesehatan anak Anda. 

Riwayat penyakit keluarga

Sehubungan dengan pemilihan prioritas perlindungan kesehatan untuk anak, Anda juga perlu meninjau kembali riwayat penyakit keluarga khususnya apabila keluarga Anda memiliki sejarah penyakit keturunan. Pemeriksaan laboratorium cukup akurat untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan anak Anda akan mengalami gangguan kesehatan yang diturunkan secara genetis. Informasi yang Anda dapatkan kemudian dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih cakupan pertanggungan kesehatan yang sesuai untuk anak Anda.

Mengukur kemampuan finansial

Setiap keluarga memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda tergantung dari pekerjaan, tingkat pendapatan, dan gaya hidup keluarga. Bagi keluarga dengan kemampuan finansial menengah, setidaknya disarankan untuk memiliki satu proteksi untuk anaknya yaitu proteksi kesehatan. Seiring dengan semakin membaiknya kemampuan finansial keluarga, Anda juga dapat mempersiapkan proteksi dana pendidikan. Untuk menentukan jumlah kontribusi yang ideal, tetapkan biaya perlindungan Anda pada kisaran sekitar 20% dari total pemasukan keluarga.

Menentukan produk atau perusahaan asuransi

Setelah Anda mempraktekkan tips sebelumnya, Anda dapat mulai memilih perusahaan asuransi dengan produk kesehatan yang sesuai untuk kebutuhan anak Anda. Setiap anak membutuhkan  perlindungan asuransi. Orang tua sebagai penentu produk mana yang harus dibeli dapat memperhatikan tips-tips tersebut untuk mengenali jenis-jenis perlindungan bagi tumbuh kembang anak.
Ingat, sebelum membeli produk asuransi untuk anak sebaiknya kedua orang tua sudah terlindungi dengan proteksi asuransi terlebih dahulu karena pencari nafkah harus lebih dahulu dilindungi baru kemudian anak-anaknya.

Cek produk Sequis yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, hubungi Sequis Personal Assistant di https://www.sequis.co.id/. Anda juga dapat menanyakan keperluan perlindungan keluarga melalui Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Plan The Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?