Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gejala dan Langkah Antisipasi Gagal Ginjal Akut di Anak-anak

6 Desember 2022



Persebaran penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak mendapat perhatian serius sekaligus membuat banyak orang tua menjadi panik. Situasinya menjadi mengkhawatirkan karena penyakit tersebut sudah menjangkiti ratusan anak-anak di Indonesia.

Baca Juga
Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal, Akibat Kurang Minum?
Solusi Asuransi Kesehatan untuk Biaya Cuci Darah yang Mahal

Gagal ginjal akut di anak-anak sebetulnya sudah terdeteksi sejak awal 2022. Namun baru menimbulkan kehebohan usai terjadi lonjakan kasus yang menyerang balita pada Agustus hingga September 2022.
Seluruh orang tua wajib waspada terhadap penyakit ini. Guna meningkatkan kewaspadaan, kenali beberapa gejala gagal ginjal akut anak berikut ini seperti yang sudah disadur dari Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI):

1. Demam
2. Gangguan pencernaan seperti muntah dan diare
3. Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek
4. Tidak bisa kencing (selama 6-8 jam pada siang hari) atau volume urine berkurang
5. Warna urine jadi kecoklatan atau jadi lebih pekat
6. Kejang
7. Kesadaran menurun

Bila anak-anak mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Penyakit gagal ginjal akut dapat dideteksi dengan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang berupa tes darah dan tes urine.

Baca Juga
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Ragam Langkah Antisipasi Menghadapi Teror Gagal Jantung
Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi
4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Memicu Serangan Jantung
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen

Gagal ginjal akut yang dialami anak-anak biasa dilatarbelakangi adanya kelainan ginjal bawaan. Namun hal serupa tidak 100 persen akurat untuk gagal ginjal akut yang muncul pada tahun ini. Menurut beberapa ahli, penyebab penyakit tersebut masih misterius. Dugaan awal, gagal ginjal akut di anak-anak terkait infeksi adenovirus, leptospirosis, serta efek obat batuk-pilek yang mengandung dietilen glikol serta etilen glikol.

Antisipasi Penyakit-penyakit Baru
Penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak makin mempertegas bahwa penyakit-penyakit baru bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Sebelumnya, dunia juga sempat digegerkan oleh kemunculan virus covid-19, hepatitis akut, dan flu Singapura. Kemunculan beragam penyakit-penyakit misterius ini sudah sepatutnya membuat semua orang mulai tergerak untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis. Terutama asuransi penyakit kritis yang memberikan perlindungan atas penyakit-penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya seperti gangguan ginjal akut atau hepatitis akut.

Salah satu asuransi kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk perlindungan menyeluruh adalah Sequis System and Organ Function Insurance (SOFI). Produk ini melindungi risiko penyakit kritis dan kegagalan sistem & fungsi organ serta melindungi risiko penyakit kritis yang belum pernah ada.
Silakan cek informasi SOFI secara lengkap dengan mengakes tautan berikut ini: SEQUIS SOFI

Butuh bantuan ?