Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hati-hati Burnout, Yuk Atasi Stres di Tempat Kerja

15 Maret 2023



Stres di tempat kerja dikenal dengan burnout, yakni kondisi stres berat yang dipicu oleh pekerjaan yang tak kunjung usai atau tidak dikelola dengan baik. Stres di tempat kerja mulai sering dialami beberapa karyawan dan diceritakan di media sosial.

Penyebab burnout bisa bermacam-macam, seperti pekerjaan yang monoton, target pekerjaan yang tinggi tapi sumber daya tidak mumpuni atau waktu yang sempit, kurangnya support dari lingkungan sekitar, ketidakseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan, merasa terintimidasi oleh atasan, di-bully rekan kerja, hingga komunikasi yang tidak lancar dan kurang terbuka dengan atasan atau rekan satu divisi. Burnout yang berlangsung lama dan tidak terselesaikan bisa menyebabkan kelelahan, penurunan kinerja, perubahan suasana hati, lebih suka menyendiri, kehilangan minat, hingga sering sakit.

Baca Juga
Dehidrasi Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tidak Normal
Mulai Lepas Masker? Yuk Perhatikan Kebersihan Mulut
Penanganan Pertama saat Vertigo sebelum Periksa ke Dokter
Mencegah Mata Lelah Akibat Screen Time yang Terlalu Lama
Cara Mencegah Kanker Payudara, Wanita Wajib Baca

Bila Anda merasa tempat kerja atau suasana kerja mulai tidak nyaman segera cari solusi sebelum terjadi burnout dan terjadi dampak negatif yang lebih besar. Beberapa tips di bawah ini bisa jadi masukan:

Kenali Batas Kemampuan
Cari tahu batas kemampuan Anda dalam melaksanakan pekerjaan. Jangan memaksakan diri bila sudah melebihi batas. Lagipula, kerja dapat terselesaikan dengan baik dan selesai dengan optimal bila dikerjakan sesuai kemampuan baik waktu dan kesehatan.

Sharing dengan Rekan Kerja
Berbagi cerita dan diskusi positif dengan rekan kerja akan membantu menciptakan suasana kerja yang lebih positif dan membantu kita memiliki pikiran positif dan optimistis. Berbagi cerita lucu juga bisa membantu kita merasa rileks sejenak dan membuat suasana lebih nyaman.

Baca Juga
Terlalu Sering Duduk saat di Kantor? Waspada Bahaya Obesitas
Kantor Sequis, Sequis Tower Raih Penghargaan Bergengsi
Kerja & Berkendara saat Puasa; Lindungi Diri dengan Asuransi
5 Tips Menabung Mudah Ditiru untuk yang Baru Mulai Kerja
Hanya Punya BPJS? Bayar Penyakit Ini dengan Uang Pribadi

Hibur diri Sejenak
Beban dan target pekerjaan tidak jarang menyebabkan stres. Cobalah cari hiburan sejenak yang bisa membuat pikiran dan tenaga kembali pulih, seperti nonton film, karaoke, bermain dengan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

Jaga Pola Hidup
Pekerjaan yang terlalu hectic kerap membuat seseorang lupa untuk menjalani gaya hidup sehat. Aturlah waktu dengan baik agar ada waktu untuk istirahat. Perhatikan asupan ada baiknya konsumsi makanan bergizi. Jangan lupa juga berolahraga demi menjaga kesehatan fisik dan mental.

Lakukan Mindfulness
Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi untuk melatih fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka.  Teknik yang dilakukan saat mindfulness, seperti duduk dengan posisi yang nyaman dan bernapaslah seperti biasa serta coba untuk fokus merasakan setiap tarikan dan hembusan napas

Miliki asuransi kesehatan
Beban kerja yang berlebihan hingga menyebabkan stres dan kurang istirahat dapat mengganggu kesehatan. Saat sakit menyerang dan harus mendapat rawat medis seharusnya pasien beristirahat hingga pulih. Namun, situasi bisa runyam dan menimbulkan stres yang lebih parah karena memikirkan biaya perawatan yang dapat menguras tabungan dan aset. Hindari stress yang diakibatkan oleh problem tersebut dengan memiliki asuransi kesehatan. Produk Super You by Sequis layak dipertimbangkan. Salah satunya Super Easy Health dengan premi mulai dari Rp135 ribu per bulan. Produk-produk SuperYou lainnya bisa dilihat di www.superyou.co.id

Butuh bantuan ?