Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenali Kanker prostat dan Cara Mencegahnya

15 Desember 2021


sumber foto: CNN


Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap sakit kanker prostat stadium awal. Rencananya, SBY akan menjalani perawatan di Amerika Serikat dan sudah terbang ke Negeri Paman Sam sejak awal November 2021.

Sebetulnya, apa itu kanker prostat dan bagaimana mengetahui gejala-gejalanya?

Menurut Alodokter, Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem reproduksi dan posisinya mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Prostat juga berfungsi sebagai penghasil semen, yaitu cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi. 

Nah, kanker prostat adalah kanker yang menyerang pria dan berkembang di dalam kelenjar prostat. Umumnya, kanker ini ditandai dengan gangguan buang air kecil. Namun, gejala ini biasanya terjadi dalam tahapan lanjutan karena kanker prostat tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Susah buang air kecil terjadi setelah kanker membesar atau kelenjar prostat mengalami peradangan.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Alasan Harus Memiliki
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Asuransi Penyakit Kritis Sequis, Murah & Bisa Dibeli Online
 

Dari data WHO, kanker prostat menjadi salah satu kanker yang paling sering dialami oleh pria (1,3 juta pria di seluruh dunia menderita kanker prostat). Sedangkan di Indonesia, kanker ini menempati urutan ke-2 sebagai jenis kanker yang paling banyak diderita pria.

Ada beragam penyebab yang bisa meningkatkan risiko kanker prostat terjadi. Berikut ini beberapa di antaranya:
1. Pertambahan usia
2. Obesitas
3. Pola makan kurang sehat
4. Terkena paparan bahan kimia
5. Terkena penyakit menular seksual
6. Riwayat keluarga

Risiko mengidap kanker prostat bisa diminimalkan dengan cara-cara berikut ini:
1. Menjaga pola makan. Usahakan rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. 
2. Olahraga. Olahraga setidaknya dua kali seminggu. Dengan berolahraga, Anda bisa menjaga berat badan tetap ideal. Sekadar informasi, kegemukan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat.
3. Rutin konsultasi dengan dokter. Seseorang dengan riwayat keluarga pernah mengidap kanker prostat lebih berpotensi mengidap penyakit yang sama. Jadi, ada baiknya rajin konsultasi ke dokter agar mendapatkan perawatan untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini.
 

Butuh bantuan ?