Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Lari Pagi Mencegah Penuaan Dini Sekaligus Membuang Lemak

22 Agustus 2022


Lari pagi bisa membantu seseorang mendapatkan tubuh yang ideal


Penurunan kasus penularan covid-19 membuat beragam event olahraga di luar ruang kembali dihelat. Terbaru, ada kegiatan lomba lari yang diselenggarakan oleh produsen minuman isotonik pada 24 Juli 2022. Lomba lari ini dimulai sejak pukul 05:00 WIB di kota Bandung.

Kegiatan lomba lari dan olahraga lainnya memang kerap dilakukan pada pagi hari. Ini dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Faktanya, lari pada pagi hari bisa meningkatkan metabolisme dan membakar kalori atau lemak yang tersisa di dalam tubuh. Oleh karena itu, seseorang yang punya niat untuk 'membuang' lemak tubuh sebaiknya mulai rutin lari pada pagi hari. Demi meyakinkan Anda untuk melakukannya, berikut ini beberapa manfaat lari pagi yang bisa Anda dapatkan. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Lari pagi juga bisa meningkatkan dan menguatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, olahraga ini bisa meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, membuat badan tidak mudah lelah, dan meminimalkan kemungkinan tubuh terserang berbagai penyakit. Di antaranya infeksi saluran pernapasan atas, hingga penyakit kritis, seperti diabetes.

Memperkuat Tulang & Otot
Dalam jangka panjang, lari pada pagi hari berpotensi membuat tulang dan otot Anda lebih kuat. Manfaat ini bakal terasa ketika Anda sudah memasuki usia tua atau lansia. Jadi, lari pagi bisa membuat Anda terhindar dari masalah osteoporosis dan kekakuan otot ketika sudah tidak lagi muda.
 

Baca Juga
Jogging Bisa Menjadi Olahraga Mahal, Lho Kok Bisa?
Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya
Musim Hujan Mulai Melanda, Lakukan 3 Olahraga Ini di Rumah
4 Manfaat dari Infused Water, Yuk Mulai Konsumsi
Obesitas saat Pandemi: Cara Mengatasi dan Pencegahan

Mencegah Penyakit Jantung
Lari adalah salah satu latihan kardiovaskular yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Terutama bila dilakukan pada pagi hari. Sebab lari pagi bisa memompa darah menjadi lebih cepat ke jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Tidak hanya itu, kadar glukosa dalam darah juga bisa terkendali jika lari pagi ini dilakukan secara rutin dan konsisten.

Mencegah Penuaan Dini
Lari pagi juga dapat menghindarkan Anda dari penuaan dini. Sebab, lari pagi dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kesehatan kulit bisa terus terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru
Manfaat lari pagi juga bisa menjaga kesehatan paru-paru. Sebab, udara pada pagi hari memiliki kadar oksigen tinggi yang membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

Menurunkan Berat Badan
Lari pagi bisa membantu seseorang mendapatkan tubuh yang ideal. Untuk mendapatkan hasil secara maksimal, Anda bisa latihan lari dengan intensitas sedang hingga tinggi. Contoh lari menanjak atau sprint.

Butuh bantuan ?