Makin Digandrungi, Apa Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh?

22 Pebruari 2022



Olahraga sudah menjadi kegiatan rutin masyarakat. Intensitasnya semakin meningkat selama masa pandemi covid-19. Jogging atau lari rasanya menjadi olahraga yang paling digemari oleh masyarakat sebab mudah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan alat khusus.

Selain itu, lari juga bisa memberikan banyak manfaat. Terutama lari pada pagi hari. Salah satunya adalah meningkatkan metabolisme dan membakar kalori di dalam tubuh. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang harus melakukannya secara rutin dan konsisten. Setidaknya menyisihkan waktu sekitar 30 menit dalam sehari untuk lari pagi.

Manfaat Lari Pagi
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang lari pagi. Berikut ini beberapa di antaranya:

Menurunkan Berat Badan
Lari pagi bisa membantu seseorang mendapatkan tubuh yang ideal. Untuk mendapatkan hasil secara maksimal, Anda bisa latihan lari dengan intensitas sedang hingga tinggi. Contoh lari menanjak atau sprint.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Lari pagi juga bisa meningkatkan dan menguatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, olahraga ini bisa meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, membuat badan tidak mudah lelah, dan meminimalkan tubuh terserang berbagai penyakit. Di antaranya infeksi saluran pernapasan atas, hingga penyakit kritis, seperti diabetes.

Baca Juga
Jogging Bisa Menjadi Olahraga Mahal, Lho Kok Bisa?
Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya
Musim Hujan Mulai Melanda, Lakukan 3 Olahraga Ini di Rumah
4 Manfaat dari Infused Water, Yuk Mulai Konsumsi
Obesitas saat Pandemi: Cara Mengatasi dan Pencegahan

Memperkuat Lutut
Dalam jangka panjang, lari pada pagi hari berpotensi membuat lutut Anda lebih kuat. Manfaat ini bakal terasa ketika Anda sudah memasuki usia tua atau lansia. Jadi, lari pagi bisa membuat Anda terhindar dari masalah osteoporosis ketika sudah tidak lagi muda.

Mencegah Penyakit Jantung
Lari adalah salah satu latihan kardiovaskular yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Terutama bila dilakukan pada pagi hari. Sebab lari pagi bisa memompa darah menjadi lebih cepat ke jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Tidak hanya itu, kadar glukosa dalam darah juga bisa terkendali jika lari pagi ini dilakukan secara rutin dan konsisten.

Mencegah Penuaan Dini
Lari pagi juga dapat menghindarkan Anda dari penuaan dini. Sebab, lari pagi dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kesehatan kulit bisa terus terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru
Manfaat lari pagi juga bisa menjaga kesehatan paru-paru. Sebab, udara pada pagi hari memiliki kadar oksigen baik yang membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

Butuh bantuan ?