Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Usia 20-an Tahun



Anak muda usia 20-an tahun kadang alergi membahas tentang dana pensiun. Perasaan itu muncul karena merasa sedang fokus meniti karier. Ada pula yang berpikiran bahwa dana pensiun sebaiknya dipikirkan ketika sudah memasuki usia 40-an.

Cara berpikir itu sepatutnya diubah. Sebab, masa tua yang nyaman dan bahagia harus masuk dalam rencana masa depan setiap orang. Termasuk anak muda berusia 20-an tahun yang biasanya masih berstatus sebagai fresh graduate atau para first jobber.

Bila sejak muda sudah menyisihkan uang, peluang anak muda usia 20-an memiliki dana melimpah saat masa tua sangat besar. Dengan dana itu, mereka bisa menikmati masa tua dengan penuh kesenangan tanpa diliputi kekhawatiran krisis finansial.

Ada banyak instrumen keuangan yang bisa digunakan untuk menyiapkan dana pensiun. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.    Emas
Nilai investasi emas cenderung stabil dan tidak terpengaruh inflasi. Makin direkomendasikan karena investasi emas sudah sangat mudah untuk dilakukan. Kini, sudah ada platform yang menyediakan layanan investasi emas online dengan cara menabung emas. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar dan bingung menyimpan emas. 

2.    Saham
Saham juga bisa dijadikan pilihan. Instrumen investasi ini cocok untuk tujuan jangka panjang. Jenis investasi ini memberikan keuntungan yang relatif lebih besar dibanding instrumen investasi lainnya. Namun, keuntungan yang besar juga berbanding dengan risiko yang relatif tinggi. 

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Menjelang 2022, Yuk Belajar Investasi Reksa Dana
Kenali Risiko Berinvestasi di Reksa Dana
 

3.    Deposito
Deposito menawarkan keuntungan yang cukup stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Berbanding sama dengan imbal hasilnya, yang juga tidak akan sebesar instrumen lainnya. Bila Anda adalah tipe investor yang ingin menyiapkan dana pensiun dengan cara relatif aman, deposito adalah pilihannya.

4.    Asuransi Dana Pensiun 
Satu jenis investasi masa depan yang biasanya orang sudah tahu tapi belum sepenuhnya menyadari adalah melalui asuransi. Siapkan dana pensiun melalui produk asuransi Sequis yaitu Asuransi Retirement Life Plan yang menawarkan beberapa manfaat seperti uang pertanggungan (UP) bila ternyata tertanggung tutup usia. Tapi bila tertanggung bertahan hidup hingga akhir tahun polis, manfaat pensiun akan dibayarkan sebesar 100% dari UP.

5. Reksa Dana
Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana hari tua. Dalam praktiknya, investasi reksa dana akan memudahkan para investor pemula. Karena yang mengelola reksa dana adalah Manager Investasi (MI) yang sudah tersertifikasi dan memang ahli di bidangnya. 

Berinvestasi di reksa dana bisa dilakukan dengan modal Rp100 ribu.  Nantinya, dana yang disetorkan akan dikelola oleh MI sehingga Anda tidak perlu ikut mengamati dan menganalisis pasar saham yang rumit. MI yang mengelola investasi reksa dana Anda telah tersertifikasi dan mendapatkan izin di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Anda bisa mencoba menggunakan reksa dana dari Sequis Asset Management. Untuk mendapatkan info tambahan mengenai reksa dana Sequis, silakan akses www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id.

Butuh bantuan ?