Pilihan Menyiapkan Dana Pendidikan, Mana yang Terbaik?

11 April 2022



Pendidikan adalah hal penting untuk anak. Berbekal pendidikan yang baik, anak bisa berkembang menjadi pribadi yang hebat, berbudi pekerti, dan bermanfaat untuk masyarakat.

Namun satu hal yang perlu diingat, pendidikan yang baik tidaklah murah. Orang tua harus mengeluarkan dana yang lumayan banyak agar anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik di Sekolah Dasar (SD) hingga kuliah. 

Menurut data dari CNBC, biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 10% per tahun. Angka itu bisa lebih besar untuk beberapa sekolah tenar di Tanah Air. 

Tips Siapkan Dana Pendidikan Anak
Ada beragam cara untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Investasi reksa dana salah satunya. Bila menggunakan instrumen ini, ada baiknya untuk konsultasi dengan financial planner terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda punya gambaran mengenai dana yang harus disiapkan, jangka waktu yang dibutuhkan, dan produk investasi reksa dana yang tepat.

Baca Juga
Memahami Cara Kerja Asuransi Pendidikan
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak
Memilih Asuransi Pendidikan, Apa yang Harus Diperhatikan?
Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?
Jelang Tahun Ajaran Baru, Kenali Asuransi Pendidikan Terbaik

Asuransi pendidikan juga menjadi wadah yang tepat untuk mengumpulkan dana pendidikan anak. Dalam praktiknya, asuransi pendidikan akan memberikan jaminan perlindungan dan investasi untuk anak sebagai ahli waris. Jadi, dana untuk pendidikan anak bakal tetap tersedia walau orang tua harus berhenti bekerja akibat cacat total tetap atau meninggal dunia.

Sequis memilikir sejumlah produk asuransi pendidikan unggulan. Salah satunya Asuransi Sequis EduPlan. Berikut ini beberapa keunggulan produk tersebut:

Keunggulan
1. Cukup membayar selama 8 tahun dan nikmati asuransi hingga 18 tahun
2. Manfaat kematian akibat kecelakaan dibayarkan sebesar 200% dari Uang Pertanggungan
3. Manfaat kematian bukan akibat kecelakaan dibayarkan sebesar 150% dari Uang Pertanggungan
4. Manfaat Tahapan Dana Pendidikan diberikan secara bertahap sesuai jadwal dengan total manfaat sebesar 150% dari Uang Pertanggungan
5. Premi mulai dari Rp8.900 per hari

Selain reksa dana dan asuransi pendidikan, Anda juga bisa menyiapkan dana pendidikan anak dari investasi emas serta saham. Emas layak diperhitungkan karena harganya cenderung naik setiap tahun. Sedangkan saham layak dipilih lantaran punya potensi cuan yang menggiurkan. Selain itu, investor juga berkesempatan mendapat dividen yakni keuntungan yang dibagikan perusahaan. Namun patut diingat, berinvestasi di saham memiliki risiko cukup tinggi dibandingkan investasi reksa dana dan emas.

Butuh bantuan ?