Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Puasa

25 April 2022



Umat Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa Ramadan rata-rata harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama 12-13 jam. Selama rentang waktu itu pula, mereka tetap harus menjalani kegiatan sehari-hari serta melakukan ibadah lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi orang yang berpuasa untuk memilih tubuh yang bugar. Salah satu cara untuk tetap kuat selama puasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur.  Apa saja makanan yang direkomendasikan? Yuk simak ulasan berikut ini: 

1. Makanan Kaya Serat
Konsumsi serat bisa didapatkan dari buah, sayur, dan biji-bijian. Ketiganya bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun, sejumlah pakar medis menyarankan agar Anda mengombinasikannya dengan makanan karbohidrat. Sebab, terlalu banyak makan serat membuat seseorang haus sepanjang hari. Ini terjadi karena protein dan serat butuh banyak air untuk dicerna

Baca Juga
4 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa di Tengah Pandemi
Tips Berolahraga Selama Menjalankan Ibadah Puasa
Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga saat Puasa Ramadan?

2. Makanan Tinggi Karbohidrat
Jenis makanan tinggi serat bisa didapatkan dari roti, nasi, atau kentang. Ketiganya mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa menjaga tingkat energi Anda selama berpuasa.

Baca Juga
Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya
Musim Hujan Mulai Melanda, Lakukan 3 Olahraga Ini di Rumah
Olahraga Bisa Menguras Dompet Hingga Puluhan Juta, Kok Bisa?

3. Makanan dan Minuman Tinggi Air
Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi makanan dengan tinggi air seperti buah-buahan, sayuran, dan jus mentimun atau tomat. Untuk minuman, pilih air kelapa agar bisa menahan cairan di tubuh lebih lama.

Meski begitu, usahakan untuk mengonsumsi minuman dengan porsi yang terlalu banyak. Sebab minum terlalu banyak air dapat mengencerkan asam lambung dan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

4. Protein dari produk susu dan daging tanpa lemak
Makanan seperti itu bisa Anda dapatkan dari susu, telur, ayam, dan yogurt. Menurut sejumlah literasi, jenis makanan ini akan membantu memperkuat kekebalan tubuh selama berpuasa.

Butuh bantuan ?