Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga saat Puasa Ramadan?

25 April 2022


Mengurangi kegiatan saat berpuasa memang sah saja. Namun memutuskan untuk vakum berolahraga selama Ramadan tidak dianjurkan. Sebab, olahraga sudah terbukti dapat menjaga metabolisme seseorang tetap stabil selama puasa. Asal, olahraga yang dilakukan dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat. 

Menurut The National News, terdapat tiga fokus yang harus diperhatikan ketika berolahraga saat puasa Ramadan, yakni latihan kekuatan, kardio, dan fleksibilitas. Nah untuk durasi, The National News menyarankan sesi olahraga berintensitas ringan dilakukan selama 30 menit. Olahraga yang dijalani harus dilakukan secara perlahan, berjarak tetap, setiap hari. 

Meski begitu, dehidrasi bakal tetap terjadi. Namun dalam batasan yang wajar karena ada jaringan lemak yang akan menjadi sumber energi pengganti.

Baca Juga
Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya
Musim Hujan Mulai Melanda, Lakukan 3 Olahraga Ini di Rumah
Olahraga Bisa Menguras Dompet Hingga Puluhan Juta, Kok Bisa?

 
Soal waktu dan jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan saat puasa, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini: 

1. Jelang buka puasa
Lakukan olahraga ringan 90 menit sebelum buka puasa. Olahraga yang bisa dilakukan adalah jalan cepat atau jogging ringan. 

Olahraga ringan menuju bagian hari yang lebih sejuk membuat Anda dapat segera melepas dahaga dan mendapat reward dari berolahraga dengan perut kosong. Namun, latihan apa pun yang dilakukan saat waktu ini harus ringan dengan lebih banyak latihan ketahan, pengulangan dan beban rendah, dan banyak peregangan. Waktu ini juga cocok untuk jalan cepat atau jogging ringan. 
 

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

2. Setelah berbuka puasa 
Latihan kardio bakal sulit dilakukan saat Anda berpuasa. Jadi, latihan tersebut sebaiknya dilakukan 2-3 jam setelah berbuka puasa atau setelah solat Tarawih. Pastikan Anda mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak untuk tetap terhidrasi ketika latihan kardio pada waktu tersebut. 

3. Sebelum sahur
Olahraga bisa dilakukan pada 02.00 dini hari atau beberapa jam sebelum sahur. Pada waktu ini, makanan yang sudah Anda konsumsi memiliki sedikit waktu untuk mengendap dan tubuh telah sepenuhnya terhidrasi.

4. Antara pukul 03.00 dan 04.00 dini hari 
Opsi olahraga yang disarankan pada saat berpuasa adalah pada pukul 03.00-04.00. Latihan kardio juga bisa dilakukan pada waktu ini. Sebab, Anda bisa menghidrasi saat dan setelah berolahraga. Anda juga bisa langsung menyantap sahur setelah olahraga selesai dilakukan.

Butuh bantuan ?