Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Sekilas Tentang Investasi Reksa Dana yang Patut Anda Ketahui

6 April 2022



Investasi reksa dana sedang populer pada saat ini. Terutama sejak pandemi covid-19 berlangsung. Itu dibuktikan dengan ramainya pembahasan mengenai investasi reksa dana di media sosial.

Wajar bila investasi reksa dana menarik perhatian masyarakat. Selain berpotensi memberikan cuan, investasi ini juga dapat dilakukan dengan modal kecil. Investor juga tak perlu menguasai ilmu investasi secara mendalam karena modal bakal dikelola oleh Manajer Investasi (MI).

Selain itu, investasi reksa dana bersifat likuid atau mudah dicairkan. Jadi, masyarakat dapat mencairkan dana dari investasi ini setiap saat tanpa harus menunggu periode waktu tertentu.

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Menjelang 2022, Yuk Belajar Investasi Reksa Dana
Kenali Risiko Berinvestasi di Reksa Dana

 

Kenali Risiko
Dengan segala kemudahan serta potensi cuannya, apakah investasi di reksa dana ada risiko? Setiap investasi memiliki karakteristik, potensi keuntungan serta risiko kerugian, termasuk di investasi reksa dana.
Risiko jika berinvestasi di reksa dana:

• Risiko Likuiditas
Risiko ini dapat terjadi bila terdapat penjualan kembali secara serentak oleh para pemodal (redemption rush) dan Manajer Investasi mengalami kesulitan menjual portofolio dalam jumlah besar dengan segera

• Risiko Investasi
Harga Efek terutama saham dapat naik maupun turun dengan cepat. Apabila efek saham yang terdapat dalam portofolio turun maka Nilai Aktiva Bersih (NAB) dari setiap unit penyertaan reksa dana akan turun. Ada kemungkinan  NAB Unit Penyertaan pada saat-saat tertentu akan lebih rendah dari NAB pada waktu membeli.

Butuh bantuan ?