Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Merdeka Finansial: Memiliki Asuransi Kesehatan Sequis

8 Agustus 2022



Mereka yang mampu mengelola keuangan dengan baik akan berpotensi meraih kemerdekaan finansial. Meski kemerdekaan finansial bagi setiap individu dapat berbeda. Tetapi, jika kita dapat memenuhi kebutuhan hidup saat ini, tidak terjajah oleh rasa takut menghadapi hari-hari yang tidak pasti, dan memiliki rancangan impian masa depan hingga mampu meraihnya, seperti pendidikan anak terbaik hingga persiapan dana ketika sudah pensiun maka itulah definisi kemerdekaan finansial secara umum yang dimimpikan banyak orang. Sayangnya, tidak semua bisa mencapainya jika tidak memperhatikan banyak hal. 

Bagi Anda yang ingin meraih kemerdekaan finansial, Faculty Head Sequis Quality Producer Lidya Natalia, S.E., S.Kom, CFP® membagikan beberapa tips untuk membantu Anda mencapai kemerdekaan finansial:

Disiplin melaksanakan manajemen anggaran
Seberapapun penghasilan Anda, jika pengeluaran tidak dianggarkan dengan baik, pasti akan habis bahkan tidak cukup. Untuk itu, setiap bulan buatlah rencana anggaran untuk pengeluaran, dana darurat, tabungan, investasi serta asuransi. Perlu juga membuat rencana anggaran jangka panjang jika penghasilan Anda jumlahnya tetap dan diperoleh pada periode yang sama setiap bulan demi mengamankan masa depan. Membuat rencana anggaran akan melatih kita giat memaksimalkan kenaikan aset dan  membatasi dari keinginan berutang 

Baca Juga
Berikut Tips Atur Gaji Bulanan Agar Bisa Investasi
Kiat Investasi Jitu untuk Sandwich Generation
Milenial Perlu Paham Perencanaan Keuangan

Memiliki Dana Darurat 
Dana darurat ditujukan untuk kondisi mendesak. Maksudnya, jika ada pengeluaran mendadak kita tidak perlu berutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut, misalnya,  memperbaiki kendaraan, pendapatan mendadak terhenti jika terjadi PHK. Cara membangun dana darurat dapat dilakukan dengan menyisihkan setidaknya 10% dari pendapatan  rutin. Kumpulkan hingga bisa mencapai setidaknya tiga sampai enam kali besar pengeluaran rutin bulanan Anda.  Tabungan menjadi instrumen paling umum untuk menyimpan dana darurat karena likuiditas yang tinggi, aksesnya mudah dan dananya dapat diambil kapan pun, misalnya di tengah malam saat membutuhkan
 
Batasi Utang Konsumtif 
Berutang boleh saja selama produktif, misalnya saja cicilan rumah atau untuk modal usaha. Sebaliknya, jika utang untuk konsumtif sebaiknya dihindari karena utang mengandung bunga yang harus dilunasi tepat waktu. Jika lupa atau lalai membayar tagihan maka dapat menggerus pos lain, seperti tabungan. Jika Anda ingin mengganti smartphone maka batasi pengeluaran sehingga dapat menambah tabungan. Namun, lebih baik lagi jika punya pendapatan tambahan sehingga bisa memenuhi keinginan akan barang-barang tersier.  Namun demikian, sebaiknya batasi atau selektif dalam berutang jika ingin meraih kemerdekaan finansial.
 

Baca Juga
Ketimbang Hedon, Berikut Beberapa Investasi Jangka Panjang
Gaya Finansial ala Generasi Z: Melakukan Investasi
Tips Investasi di Tengah Cobaan Quarter Life Crisis

Biasakan Hidup Minimalis 
Hidup minimalis dimulai dengan memilah antara kebutuhan penting versus kurang penting. Hidup minimalis bukan berarti serba susah, melainkan mengutamakan prioritas. Hidup minimalis juga membuat kita tidak latah ingin ikut tren atau bersaing dengan orang lain.
 
Mulai berinvestasi 
Investasi  perlu dilakukan untuk mencapai merdeka finansial karena investasi mampu bersaing dengan inflasi yang terjadi setiap tahun. Jika Anda belum berpengalaman berinvestasi, dapat mulai dengan investasi yang minim risiko, seperti reksadana, obligasi sebagai langkah awal untuk mempersiapkan dana pensiun. Nasihat terbaik soal investasi adalah, jangan terlena dengan return of investment tinggi yang diperoleh orang lain, pelajari dulu setiap instrumen sebelum memulai berinvestasi.

Mulai Berasuransi 
Berasuransi adalah cara mengelola risiko keuangan yang dapat saja terjadi pada masa depan. Risiko keuangan adalah saat keluarga mengalami kesulitan keuangan karena hilangnya pendapatan keluarga karena pencari nafkah meninggal dunia atau tabungan terkuras karena harus membayar biaya rumah sakit. Kesulitan keuangan yang terjadi mendadak dapat memporakporandakan keuangan keluarga, seperti tabungan terkuras, anak harus putus sekolah hingga harus menjual rumah sehingga perlu dilakukan antisipasi dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. Salah satu produk asuransi yang ditawarkan Sequis adalah Sequis Q Infinite MedCare (SQIMC), yakni  asuransi kesehatan yang menyediakan 4 manfaat plan perlindungan kesehatan dengan limit hingga Rp90 miliar per tahun, memberikan rawat inap dengan perawatan minimal 6 jam, dan tersedia fasilitas non tunai cashless di lebih dari 500 rumah sakit di seluruh Indonesia serta tersedia sejumlah manfaat lain yang banyak dicari orang saat memilih asuransi kesehatan.
 
Mumpung sedang memperingati hari kemerdekaan, nasabah Sequis diajak untuk memiliki cita-cita merdeka finansial. Meski saat ini kondisi finansial Anda belum merdeka sepenuhnya tapi mulailah menata finansial Anda dari sekarang.  Mulailah dengan  memahami apa yang menjadi prioritas dalam hidup, mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, dan jaga arus kas dengan perencanaan keuangan serta antisipasi kemungkinan risiko yang dapat merugikan dengan memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dari Sequis.

Butuh bantuan ?