Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kiat Investasi Jitu untuk Sandwich Generation



Apakah Anda pernah mendengar istilah sandwich generation? Istilah ini kerap muncul di pemberitaan dan lini masa media sosial Anda. Sandwich generation atau yang dikenal dengan generasi sandwich adalah generasi usia produktif yang harus menanggung beban finansial kedua orang tua sekaligus keluarganya sendiri yaitu istri dan anak. Sehingga tanggung jawab finansial yang harus dipikul seorang sandwich generation cukup berat. 

Sandwich generation memicu berbagai permasalahan dan polemik finansial bagi mereka yang menghadapinya. Salah satunya cash flow yang berantakan akibat pengeluaran membengkak setiap bulan. Alhasil, keharusan untuk menabung, menyiapkan dana darurat, dan investasi jangka panjang menjadi terbengkalai. 

Baca Juga
Berikut Tips Atur Gaji Bulanan Agar Bisa Investasi
Ketimbang Hedon, Berikut Beberapa Investasi Jangka Panjang

Lantas, adakah tips khusus bagi sandwich generation yang ingin berinvestasi? Tentu ada! Berikut adalah beberapa tips investasi yang dapat diterapkan:

Sesuaikan Nominal Investasi dengan Kemampuan Anda
Jangan memaksakan menempatkan dana untuk investasi jangka panjang dengan jumlah yang melebihi kemampuan finansial Anda. Intinya, jangan berpatokan ke nominal investasi orang lain dan lebih baik sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Bila 15% dari penghasilan masih terasa memberatkan, Anda bisa coba memulai investasi jangka panjang dengan nominal 5-10% dari penghasilan Anda per bulan.

Fokus dengan Tujuan Investasi Anda
Tentukan tujuan investasi Anda dan jangka waktunya. Hindari memulai investasi bila hanya sekedar latah atau fear of missing out (FOMO). Ingat, investasi mengandung risiko. Pastikan Anda sudah siap dengan segala risikonya, memahami profil risiko Anda dan tentukan dengan jelas tujuan investasi Anda.

Baca Juga
Prioritaskan Dana Darurat atau Investasi Jangka Panjang?
Gaya Finansial ala Generasi Z: Melakukan Investasi
Tips Investasi di Tengah Cobaan Quarter Life Crisis

Perlengkapi Diri dengan Asuransi Kesehatan
Jangan lupa juga untuk melindungi kesehatan dan finansial Anda dengan asuransi kesehatan. Dengan begitu, Anda tak perlu merogoh kocek atau cuan investasi untuk membayar biaya kesehatan di rumah sakit. Ingat, risiko sakit bisa datang kapan saja. Dengan asuransi kesehatan pula, Anda bisa mendapatkan perawatan maksimal. Produk asuransi kesehatan Super Easy Health dari Super You by Sequis Online bisa menjadi jalan keluar buat Anda dan keluarga untuk memutus rantai sandwich generation.

Baca Juga
Tips Mendapatkan Pendapatan Tambahan
Ingin Investasi Jangka Panjang? Cermati 5 Risiko Ini
Contoh Investasi Jangka Panjang, Wajib Diketahui Anak Muda

Asuransi kesehatan ini memiliki sejumlah manfaat seperti manfaat batas tahunan hingga Rp1 miliar dan manfaat pertanggungan untuk segala risiko kesehatan tanpa spesifikasi penyakit tertentu. Produk Super Easy Health ini juga memiliki premi yang sangat terjangkau yakni Rp135 ribu dan dapat dibeli dengan mudah secara online.

Investasi Jangka Panjang agar Keuangan Masa Tua Aman
Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang sekaligus memutus rantai sandwich generation. Dibanding instrumen investasi lainnya, investasi reksa dana dianggap paling  'aman' dan mudah untuk investor pemula. Karena yang mengelola reksa dana adalah Manager Investasi (MI) yang sudah tersertifikasi dan memang ahli di bidangnya.

Berinvestasi di reksa dana terasa makin mudah karena dapat dilakukan dengan modal Rp100 ribu.  Nantinya, dana yang disetorkan akan dikelola oleh MI sehingga Anda tidak perlu ikut mengamati dan menganalisis pasar saham yang rumit. MI yang mengelola investasi reksa dana Anda telah tersertifikasi dan mendapatkan izin di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Butuh bantuan ?