Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Cegah Kanker Prostat

16 Desember 2021


sumber foto: Suara.com


Kanker prostat sering 'menyerang' pria. Biasanya, jenis kanker ini ditandai dengan gangguan buang air kecil. Namun, gejala ini biasanya terjadi dalam tahapan lanjutan karena kanker prostat tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Susah buang air kecil terjadi setelah kanker membesar atau kelenjar prostat mengalami peradangan.

Orang-orang yang punya masalah dengan berat badan dan terkena penyakit menular seksual rentan mengidap kanker prostat. Peluang menderita penyakit tersebut juga membesar bila ada riwayat keluarga yang pernah mengalaminya.

Baca Juga
Fakta Seputar Kanker dan Cara Pencegahannya
Kenali Kanker prostat dan Cara Mencegahnya
Antisipasi Biaya Pengobatan Kanker dengan Asuransi

Meski begitu, kanker prostat bisa dihindari. Bila rajin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, seseorang bisa hidup sehat hingga tua tanpa ada gangguan kanker tersebut.
Ada sejumlah makanan yang wajib dikonsumsi oleh pria bila ingin terhindar dari risiko kanker prostat. Berikut ini beberapa di antaranya seperti yang sudah dilansir Kompas.com :

Baca Juga
Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Alasan Harus Memiliki
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Asuransi Penyakit Kritis Sequis, Murah & Bisa Dibeli Online
 

1. Tomat
Tomat memiliki kandungan likopen. Ini zat antioksidan kuat yang dapat membantu seseorang terhindar dari kanker prostat. Seseorang yang sudah kadung mengidap kanker prostat juga dianjurkan mengonsumsi tomat. Sebab, likopen dalam tomat mampu membantu menurunkan kerusakan sel dan memperlambat produksi sel kanker

2. Brokoli
Brokoli mengandung fitokoimia. Zat ini bisa membunuh sel kanker dan menjaga kesehatan dari sel prostat

3. Teh Hijau
Teh hijau sebetulnya memiliki banyak kandungan yang baik untuk semua organ tubuh. Namun bila dilihat secara spesifik, senyawa katekin, turunan xantin, epigallocatechin gallate (EGCG) epikatekin bisa mengurangi risiko kanker prostat.

4. Kedelai
Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang baik untuk menurunkan risiko kanker dengan cara mengontrol hormon serta memperbaiki sel mati.

5. Delima
Seperti halnya kedelai, buah delima juga kaya antioksidan. Delima juga mengandung sejumlah komponen bioaktif yang bisa menghambat kembang biak sel kanker prostat.

Butuh bantuan ?