9 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

23 Juni 2022



Kolesterol tinggi harus dihindari. Sebab pada momen ini, kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal yang bila dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Masalahnya, penyumbatan pembuluh darah bisa menimbulkan efek domino yang lebih fatal, yakni masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, dan batu empedu. 

Rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk mengontrol kadar kolesterol. Nah, bagi Anda yang sudah kadung diagnosis dengan kolesterol tinggi, sebaiknya menghindari beberapa makanan berikut ini:

1. Telur 
Menurut Very Well Health, telur termasuk makanan yang mengandung kolesterol. Lebih tepatnya, dalam satu telur mengandung 187 mg kolesterol. Jumlah itu sudah mencapai 62 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Oleh karena itu, seseorang yang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya tidak memakan lebih dari 1 telur per hari.

2. Daging berlemak
Daging berlemak sebetulnya sumber protein yang baik. Namun daging berlemak tidak baik dikonsumsi oleh seseorang dengan kadar kolesterol tinggi. Menurut Very Well Health, dalam 100 gram paha ayam bisa terkandung 127 mg kolesterol atau 42 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

3. Daging jeroan
Daging jeroan cenderung mengandung kolesterol tinggi. Seperti dilansir Kompas.com, 100 gram hati sapi bisa mengandung 494 mg kolesterol yang merupakan 164 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. 

4. Udang
Semua makanan laut sejatinya mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Dengan kandungan seperti itu, makanan laut terhitung punya manfaat yang besar. Namun perlu diketahui, udang memiliki kolesterol paling banyak dibanding ikan atau makanan laut lainnya. Dalam 100 gram udang, terkandung 252 kolesterol yang merupakan 84 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Baca Juga
Kenali Faktor Stres Lewat Makanan
5 Makanan yang Patut Dikonsumsi Untuk Tingkatkan Imun Tubuh
Penderita Asam urat Pantang Mengonsumsi 5 Makanan Ini
5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Cegah Kanker Prostat
4 Kebiasaan Makan Orang Korsel Agar Turunkan Berat Badan

5. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng atau 'gorengan' rata-rata sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak. Oleh karena itu, hindari gorengan bila tidak ingin meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kebiasaan mengonsumsi makanan ini dalam jumlah besar diyakini bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol yang berujung pembentukan plak di pembuluh darah. Plak tersebut bisa menghambat aliran pembuluh darah dan berpotensi memicu penyakit stroke hingga serangan jantung mendadak.

Butuh bantuan ?