Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ilustrasi Asuransi: Memaksimalkan Warisan dari Asuransi Jiwa

15 Maret 2023


Tujuan utama asuransi jiwa adalah melindungi finansial keluarga bila Tertanggung (kepala keluarga/pencari nafkah utama) mengalami kecelakaan atau tutup usia. Nantinya, perusahaan asuransi akan memberikan Uang Pertanggungan (UP) kepada ahli waris dengan jumlah yang sudah disepakati sebelumnya.

Nah, UP dari asuransi jiwa ibarat warisan yang 'dihadiahkan' Tertanggung kepada keluarga selaku ahli waris. Sebab, UP bisa digunakan oleh ahli waris untuk memenuhi kebutuhan hidup, membayar biaya sekolah, hingga modal buka usaha atau sebagai modal investasi.

Baca Juga
Tips Menghitung Uang Pertanggungan Polis Asuransi Jiwa
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Pilih Asuransi Jiwa
Penjelasan Tentang Asuransi Unit Link, yang Minat Wajib Baca
Siapa yang Tak Butuh Asuransi Jiwa? Bruce Wayne alias Batman
Problem Finansial yang Harus Dibahas dengan Pasangan

Meski berstatus sebagai warisan, UP dari asuransi jiwa berbeda dengan warisan dalam bentuk properti, surat tanah, dan lain-lain. Di asuransi jiwa, UP akan langsung diterima oleh ahli waris tanpa harus menunggu fatwa waris yang ditetapkan oleh pengadilan.

Sebagai gambaran untuk Anda, yuk simak ilustrasi berikut ini:
Ilustrasi 1

Rumah senilai Rp700 juta dijadikan sebagai warisan untuk 2 anak. Saat rumah hendak diwariskan, ahli waris harus mengeluarkan biaya puluhan juta Rupiah untuk sewa pengacara dan membayar biaya proses pengadilan. Selain itu, tidak bisa langsung digunakan karena harus menunggu penetapan waris yang ditetapkan oleh pengadilan

Baca Juga
Perencanaan Warisan untuk Lindungi Aset & Kelangsungan Hidup
Dua Asuransi Jiwa yang Bisa Dijadikan Warisan untuk Keluarga
Miliki Asuransi Jiwa Bila Sudah Berkeluarga
Contoh Asuransi Jiwa Terjangkau dari Sequis
Opsi Investasi Jangka Panjang Selain Emas & Reksa Dana

 
Ilustrasi 2:
Ayah memiliki asuransi jiwa dengan UP Rp700 juta. Lalu, asuransi jiwa dari Ibu dengan UP Rp700 juta. Manfaat yang diterima akan langsung diberikan kepada anak (ahli waris) tanpa harus menunggu penetapan waris oleh pengadilan.

Dengan menjadikan asuransi jiwa sebagai warisan, Tertanggung bisa menentukan pihak keluarga yang dapat menerima manfaat. Hal ini menghindari perselisihan di kemudian hari dalam pembagian harta waris karena penerima manfaat sudah tercantum di dalam polis. Ohya, Sequis memiliki produk Asuransi Jiwa yang layak Anda pertimbangkan, yakni Q Smart Life New Gen Insurance dengan UP minimum RP100 juta hingga lebih dari Rp1 miliar.

Segera cari tahu informasi mengenai produk tersebut dengan mengakses www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?