Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

15 Pebruari 2024


Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa tapi bingung dalam menentukan produk yang sesuai kebutuhan? Tenang, Sequis siap membantu Anda mendapatkan produk asuransi jiwa yang tepat.

Sebagai awalan, Sequis akan memperkenalkan beragam jenis asuransi jiwa yang saat ini ditawarkan kepada masyarakat. Dengan penjelasan ini, Sequis berharap masyarakat bisa punya gambaran mengenai produk asuransi jiwa yang bakal dibeli.

Baca Juga
Tips Menghitung Uang Pertanggungan Polis Asuransi Jiwa
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Pilih Asuransi Jiwa
Penjelasan Tentang Asuransi Unit Link, yang Minat Wajib Baca
Siapa yang Tak Butuh Asuransi Jiwa? Bruce Wayne alias Batman
Problem Finansial yang Harus Dibahas dengan Pasangan
 

Jenis Asuransi Jiwa
Asuransi jwa terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi jiwa seumur hidup (whole life), asuransi jiwa dwiguna (endowment), dan asuransi jiwa unit link.  Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis-jenis asuransi tersebut silakan simak penjelasan di bawah ini:

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)
Asuransi jiwa berjangka adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat santunan kematian bila Tertanggung meninggal dunia dalam periode yang dijanjikan. Tiap periode berbeda-beda tergantung ketentuan polis, yakni 1,5, 10, 15, 20 tahun atau sampai batas usia nasabah. Asuransi jiwa jenis ini biasanya cocok untuk nasabah yang mempunyai kredit seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Mobil (KPM) atau kredit lainnya. Dengan asuransi jiwa berjangka, nasabah dapat melindungi kelangsungan pembayaran kredit dari musibah yang bisa terjadi pada masa depan. 

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)
Asuransi jiwa seumur hidup adalah asuransi yang memberikan Manfaat Pertanggungan seumur hidup. Asuransi jiwa seumur cocok bagi nasabah yang tidak punya tanggungan dan tidak menginginkan Uang Pertanggungan yang besar. Kelebihan asuransi jiwa seumur hidup adalah memberikan manfaat saat Tertanggung meninggal dunia dan memiliki nilai tunai yang dapat diperoleh nasabah sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit.

Baca Juga
Perencanaan Warisan untuk Lindungi Aset & Kelangsungan Hidup
Dua Asuransi Jiwa yang Bisa Dijadikan Warisan untuk Keluarga
Miliki Asuransi Jiwa Bila Sudah Berkeluarga
Contoh Asuransi Jiwa Terjangkau dari Sequis
Opsi Investasi Jangka Panjang Selain Emas & Reksa Dana

 

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
Asuransi jiwa dwiguna adalah jenis asuransi yang akan memberikan sejumlah manfaat tertentu bila Tertanggung hidup sampai akhir jangka waktu Pertanggungan atau meninggal dunia selama jangka waktu Pertanggungan tersebut. Polis asuransi jiwa dwiguna memiliki tanggal jatuh tempo (maturity date) yaitu tanggal pembayaran Uang Pertanggungan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis apabila Tertanggung masih hidup. 

Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi jiwa unit link adalah asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah yaitu pengelolaan premi dasar untuk kepentingan proteksi dan pengelolaan premi investasi. Premi Investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi atau ahli investasi perusahaan. Produk ini cocok untuk Anda yang tertarik berinvestasi tapi belum berani melakukan investasi di insutrumen investasi yang berisiko tinggi. 

Butuh bantuan ?