Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Opsi Instrumen Investasi yang Tepat dan Menguntungkan

14 Pebruari 2023



Investasi adalah kegiatan menempatkan dana di satu atau beberapa jenis aset selama periode tertentu, dengan tujuan untuk mendapatkan imbal hasil di masa depan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan terhindar dari risiko, memahami beragam instrumen investasi adalah sebuah keharusan.
Dilihat dari segi waktu penanaman modalnya, ada tiga macam jenis investasi. Yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

1.    Investasi jangka pendek
Investasi jangka pendek memiliki batasan jangka waktu tertentu (1-3 tahun). Keuntungan yang ditawarkan jenis ini biasanya kecil. Namun risiko yang bakal dihadapi juga kecil. Jadi bila menuai hambatan, kerugian yang didapat oleh investor (terutama investor pemula) masih bisa ditoleransi dan tidak memberatkan finansial.

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Menjelang 2022, Yuk Belajar Investasi Reksa Dana
Kenali Risiko Berinvestasi di Reksa Dana
 

Ada banyak jenis investasi jangka pendek yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan, di antaranya:
1. Saham
2. Forex trading
3. Tabungan Bank
4. Deposito

2.    Investasi jangka menengah
Investasi jangka menengah untuk memenuhi tujuan finansial Anda pada 3 hingga 5 tahun mendatang. Biasanya, cuan dari investasi jangka menengah digunakan untuk biaya anak sekolah/kuliah, beli rumah, hingga rencana ibadah. Jenis investasi jangka menengah yang direkomendasikan adalah reksa dana dana pendapatan tetap, obligasi swasta, maupun reksa dana campuran.

Baca Juga
2023 Mau Investasi? Cek Tips Ini Dulu Agar Menuai Cuan
Wahai Anak Muda, Jangan Lakukan Kesalahan Ini saat Usia 20an
Tips Ampuh Hadapi Inflasi dan Resesi 2023
Ingin Beli Mobil Baru? Ikuti Tips Keuangan Berikut Ini
Ada Ancaman Resesi, Buat Resolusi Keuangan yang Tepat

3.    Investasi jangka panjang
Cuan dari Iinvestasi jenis ini kerap dimanfaatkan untuk tujuan finansial di atas 10 tahun mendatang seperti dana pensiun.
Instrumen investasi jangka panjang diantaranya:
1.    Emas
2.    Tanah dan bangunan
3.    Asuransi
4.    Reksa dana  
Berinvestasi mudah dilakukan pada era digital seperti sekarang ini. Selain kemudahan membuka rekening investasi, informasi mengenai instrumen investasi atau riset pasar juga sangat mudah didapatkan. Namun ingat, jangan mudah tergiur ajakan investasi dari badan usaha dengan perizinan yang tidak jelas karena Anda berpotensi terjebak investasi bodong.

Sebagai referensi, Anda bisa memercayakan modal investasi ke Sequis Asset Management.  Sequis Asset Management adalah salah satu perusahaan asuransi terpercaya yang diawasi OJK. Menyediakan beragam jenis investasi reksa dana mulai dari reksa dana saham, pasar uang, campuran, dan pendapatan tetap. Simak produk investasi Sequis Asset Management di sini.

 

Butuh bantuan ?