Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mau Jadi Sultan? Yuk Mulai Investasi Jangka Panjang

10 Desember 2021


Reksa dana dinilai pas bagi anak muda yang tidak memiliki cukup waktu, pengetahuan, dan pengalaman untuk secara aktif mengelola investasi jangka panjang


Menjadi makmur adalah impian banyak orang. Namun, makmur dan menjadi ‘sultan’ yang kaya raya tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh usaha keras dan perencanaan keuangan yang baik untuk menggapai mimpi tersebut.  

Oleh karena itu jangan menghabiskan masa muda dengan terlalu berfoya-foya sampai lupa berinvestasi. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang masih berusia muda namun bercita-cita untuk meraih impian menjadi ‘sultan’. 

Disiplin Menabung 
Menabung bertujuan untuk mengamankan keuangan Anda pada  masa depan. Bila gaji Anda Rp4 juta, usahakan menyisihkan sebesar 10 persen atau Rp 400.000 untuk ditabung atau bila memungkinkan digunakan untuk investasi jangka panjang. 

Baca Juga
Investasi Reksa Dana, Rendah Risiko dan Bisa Modal Minim
Kupas Tuntas Investasi Reksa Dana untuk Investor Pemula
Rekomendasi Jenis Asuransi untuk Persiapan Dana Pensiun
Pelajaran Investasi Jangka Panjang dari Hometown Cha Cha Cha
Bonus Akhir Tahun Untuk Dana Darurat dan Investasi
Reksa Dana Agar Nasib Tidak Seperti Sang Woo di Squid Game

Tidak Berutang 
Hindari berutang di pinjaman-pinjaman online yang ilegal dan tidak memiliki izin OJK. Sebab, risikonya banyak. Anda harus membayar pokok utang beserta bunganya. Itu semua akan menjadi beban keuangan setiap bulan. Bila telat bayar, Anda bisa kena denda sehingga membuat utang semakin membengkak. Utang juga akan menghambat pencapaian tujuan keuangan Anda, terlebih bila utang dipakai untuk keperluan konsumtif. Bila memang sudah terdesak dan harus berutang, usahakan segera lunasi kewajiban tersebut dan tidak menambah utang baru agar Anda bisa fokus untuk melakukan investasi jangka panjang.

Baca Juga
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Indonesia
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Maxima
Memahami Strategi Investasi Jangka Panjang
Alasan Anda Harus Memiliki Investasi Jangka Panjang
Wujudkan Liburan dengan Investasi Jangka Panjang

Ingat Proses Jadi ‘Sultan’ Tidak Mungkin Instan 
Proses menjadi ‘sultan’ tidak bisa instan. Kecuali kalau Anda sedang mujur dengan memenangkan hadiah lotere atau undian hingga miliaran Rupiah.  Bila tidak, proses menjadi ‘sultan’ perlu proses, kesabaran, jatuh bangun, kerja keras, dan tentu melakukan investasi jangka panjang secararutin dan pada instrument yang tepat.. 

Bentuk Investasi Jangka Panjang
1. Produk investasi pasar modal: saham, reksa dana, obligasi, sukuk.
2. Emas: logam mulia dengan kadar emas 99,9%.
3. Properti: tanah, apartemen, rumah, gedung

Investasi Jangka Panjang Reksa Dana
Reksa dana dinilai pas bagi investor pemula yang tidak memiliki cukup waktu, pengetahuan, dan pengalaman untuk secara aktif mengelola investasi jangka panjang. Sebab dalam praktiknya, investor akan memercayakan dana investasi dikelola oleh pihak yang ahli yaitu Manajer Investasi (MI).  

Investasi reksa dana terasa makin cocok bagi investor pemula karena modal investasinya cukup rendah yakni mulai dari Rp100 ribu.

 

Butuh bantuan ?