Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengenali Ciri-Ciri Kanker Serviks dan Tips Antisipasi

19 Agustus 2022


Kanker serviks termasuk dalam penyakit berbahaya


Kanker serviks termasuk dalam penyakit berbahaya. Atas dasar itulah, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mewajibkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan suntik vaksin kanker serviks atau vaksin Human Papilloma Virus (HPV).

Menurut data dari beberapa sumber dan literatur dari Kemenkes, kanker serviks tumbuh di bagian leher rahim. Sekitar 99% kasus kanker serviks pun disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus (HPV) yang dapat menular akibat kontak seksual.

Berikut ini beberapa gejala atau ciri-ciri kanker serviks.

1. Pendarahan di Vagina
Pasien kanker serviks biasanya mengalami pendarahan tidak wajar. Kadang, pendarahan terjadi pada waktu yang janggal. Misal, setelah berhubungan intim, setelah menopause, atau sebelum jadwal menstruasi.

2. Mengeluarkan Cairan Putih
Cairan putih keluar dalam kondisi yang tidak normal. Seperti berwarna, bau, dan tekstur yang berbeda dari biasanya. Meski begitu, adanya cairan putih yang tidak lazim seperti ini juga bisa disebabkan adanya infeksi jamur atau bakteri. Segera konsultasi ke ahli medis agar mendapatkan kepastian.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Alasan Harus Memiliki
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Asuransi Penyakit Kritis Sequis, Murah & Bisa Dibeli Online
 


3. Sering Buang Air
Buang air kecil terjadi dalam intensitas yang tinggi. Selain itu, penderita juga sering tidak bisa menahan dan buang air disertai rasa nyeri. Biasanya ini tanda ketika sel kanker sudah merambah ke daerah kantung kemih.

4. Mudah Lemas
Seseorang yang terindikasi menderita kanker serviks mudah lemas karena efek pendarahan yang berlebihan. Bahkan, rasa lemas tetap muncul walau penderita sudah cukup istirahat, makan, dan minum.

Baca Juga
Fakta Seputar Kanker dan Cara Pencegahannya
Kenali Kanker prostat dan Cara Mencegahnya
Antisipasi Biaya Pengobatan Kanker dengan Asuransi

Viral Perempuan Stroke Akibat Sering Begadang, Kok Bisa?

5. Kaki Membengkak
Hal ini disebabkan karena sel kanker yang merambat ke pembuluh darah kaki. Akibatnya, peredaran darah ke kaki pun berkurang dan menyebabkan pembengkakan.

6. Berat Badan Turun Drastis
Ini biasanya dialami pula oleh seseorang yang mengidap penyakit kritis lainnya. Nafsu makan yang berkurang membuat berat badan penderita turun secara drastis. Oleh karena itu, segera konsultasi ke dokter bila mengalami penurunan berat badan turun secara signifikan dalam waktu singkat.

Cegah dan Lindungi Diri dari Kanker Serviks
Mencegah tubuh terkena kanker serviks adalah dengan cara memulai gaya hidup yang lebih sehat. Misal, rajin olahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta berhenti merokok. Selain itu, usahakan untuk mendapatkan suntikan vaksin HPV bila Anda masih berusia 9-26 tahun. Lalu, cek kesehatan Anda secara berkala.  

Mengantisipasi risiko yang ditimbulkan dari kanker serviks juga dapat dilakukan dengan memiliki asuransi penyakit kritis. Dengan begitu, Anda bisa tetap tenang walau sedang menjalani hari-hari sulit dalam pemulihan kanker serviks. Dengan memiliki asuransi penyakit kritis pula, Anda dapat mendapatkan perawatan secara optimal tanpa harus dipusingkan oleh biaya yang harus dibayarkan.

Butuh bantuan ?