Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tahun 2023 Segera Tiba, Perbaiki Keuangan dengan 5 Cara Ini

13 Desember 2022



Tahun 2022 segera berakhir. Awal yang baru bakal dimulai pada 2023. Pada momen itu, ada baiknya mengevaluasi pencapaian finansial setahun sebelumnya lalu membuat catatan evaluasi serta daftar rencana keuangan untuk tahun yang baru.

Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk memudahkan Anda menyiapkan resolusi keuangan pada awal tahun. Harapannya, keuangan Anda makin stabil sepanjang 2023.

Metode catat dan evaluasi
Sebagai awalan, silakan catat pengeluaran per hari, per minggu, atau per bulan. Lalu lakukan evaluasi pada periode berikutnya. Coret barang-barang yang dirasa tidak perlu atau tak mendesak untuk digunakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya lagi pada bulan berikutnya. Contoh: Anda menghabiskan lebih dari Rp200 ribu untuk beli kopi pada minggu pertama Januari 2023.
Pengeluaran ini bisa sedikit dipangkas bila Anda memutuskan untuk mengurangi frekuensi jajan kopi atau membeli kopi dari cafe yang punya harga lebih murah. Bisa pula menekan pengeluaran Ojek Online (Ojol). Ketimbang mengeluarkan uang besar untuk bayar Ojol, silakan subtitusi moda transportasi Anda dengan menggunakan bus umum atau justru memilih jalan kaki bila memang memungkinkan.

Baca Juga
Anak Muda Harus Segera Siapkan Dana Pensiun
Rekomendasi Investasi Reksa Dana Usai Ancaman Covid-19 Reda
Investasi Reksa Dana untuk Anda yang Sudah Berkeluarga
Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bikin Kaya
Punya Kebiasaan Boros? Lakukan Ini Agar Bisa Investasi
Gaji Cepat Habis saat WFO? Perhatikan 3 Hal Ini

Bijak menggunakan kartu kredit dan fitur pay later
Tahun 2023 harus diawali dengan sikap hati-hati saat transaksi menggunakan kartu kredit dan pembayaran pay later. Gunakan kedua sistem pembayaran itu karena memang ada promo yang ditawarkan. Bukan karena uang tunai yang Anda miliki sudah habis lalu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit/pay later demi membeli barang yang diinginkan. Selain itu, usahakan tidak membeli/kredit barang baru sebelum transaksi kartu kredit sebelumnya dilunasi.

Berhenti menjalani gaya hidup konsumtif
Tinggalkan gaya hidup konsumtif. Terutama bila keuangan Anda belum memungkinkan untuk menjalani gaya hidup 'hedon'. Intinya, sebisa mungkin hindari kebiasaan membeli barang hanya karena ‘lapar mata’ dan sebetulnya tidak dibutuhkan.

Baca Juga
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?
Ada Ancaman Resesi, Cari Cara Agar Tetap Sehat dan Bahagia
Cara Ampuh Menyehatkan Keuangan Selama Resesi
Ada Resesi, Percaya Diri Ambil KPR Bila Punya Asuransi Jiwa

Siapkan dana untuk investasi dan tabungan
Mulailah berinvestasi dan menabung. Investasi bisa dimulai di instrumen investasi reksa dana pasar uang atau reksa dana pasar saham. Sedangkan menabung bisa dilakukan dengan menyimpan sebagian uang hasil pendapatan per bulan ke bank atau membeli emas.

Siapkan Dana Darurat
Banyak hal tidak terduga bakal terjadi pada masa depan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu memiliki dana darurat. Uang dari pos ini sangat berguna bila Anda mengalami nasib sial berupa kecelakaan, PHK, atau sekadar harus servis mobil serta membetulkan atap rumah yang bocor.

 

Butuh bantuan ?