Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Investasi Reksa Dana untuk Anda yang Sudah Berkeluarga

18 Oktober 2022



Setiap orang, terutama yang sudah berkeluarga dianjurkan berinvestasi demi mendapatkan kemandirian finansial pada masa depan. Bisa membayar pendidikan anak tanpa utang, memiliki dana pensiun yang cukup, serta mampu membeli barang tersier (rumah, mobil, atau motor) tanpa mengganggu cash flow menjadi beberapa kemandirian finansial yang berpotensi didapat bila Anda bisa berinvestasi dengan baik dan benar. 

Baca Juga
Ayo Cegah Jompo di Usia Muda
Biaya Berobat Terdampak Inflasi? Atasi dengan Asuransi Murah
Asuransi Kesehatan Terbaik 2022 Premi Murah
Daftar Produk Asuransi Kesehatan Unggulan Sequis
Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal, Akibat Kurang Minum?

Investasi reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa mewujudkan itu semua. Namun sebelum Anda membelinya, ada baiknya mengenali produk-produk yang ditawarkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa produk yang bisa Anda pilih:

Reksa Dana Saham (Equity Fund)
Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan sebagian besar dana investor sekurang–kurangnya 80% ke dalam instrumen yang bersifat saham. Saham yang dipilih pun saham-saham unggulan. Reksa dana ini juga memiliki fluktuasi nilai yang paling tinggi sehingga lebih tepat atau cocok untuk investasi dengan kisaran waktu 5 hingga 10 tahun. Potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis reksa dana yang lainnya.

Baca Juga
Sekilas Tentang Investasi Reksa Dana yang Patut Anda Ketahui
Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bikin Kaya
Tips Investasi Reksa Dana untuk Investor Pemula
Gaji Cepat Habis saat WFO? Perhatikan 3 Hal Ini
Solusi Investasi Usai Pasar Kripto Perlahan Menurun

Reksa Dana Campuran (Balanced Fund)
Reksa dana ini menginvestasikan dana investor ke instrumen saham, obligasi dan juga pasar uang. Fluktuasinya relatif lebih rendah sehingga bisa untuk investasi lebih pendek, antara 3 sampai dengan 5 tahun. Keuntungan yang akan didapatkan bisa lebih tinggi dibandingkan reksa dana pendapatan tetap.

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income)
Reksa dana jenis ini merupakan jenis reksa dana berisiko menengah yang memberikan pengembalian setidaknya 80% dari dana investor yang dikelola namun dengan efek yang bersifat hutang. Reksa dana jenis ini memiliki potensi keuntungan yang relatif tinggi daripada reksa dana pasar uang. Sedangkan untuk biaya investor dalam melakukan reksa dana memiliki jangka waktu yang cukup lama yaitu antara 1 tahun sampai dengan 3 tahun karena fluktuasinya relatif lebih rendah dibandingkan Reksa Dana Saham.

Reksa Dana Pasar Uang (Money Market)
Reksa dana ini merupakan reksa dana yang bergerak dalam melakukan investasi 100% pada efek pasar uang. Reksa dana jenis ini menempatkan seluruh dananya pada deposito, obligasi dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Dalam memilih reksa dana maka Anda dianjurkan untuk memilih reksa dana jenis ini karena risiko yang terjadi akan lebih rendah daripada jenis reksa dana yang lainnya. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa reksa dana jenis ini pun memiliki keuntungan yang relatif rendah.

Selain terkait produk, pelajari pula Manajer Investasi yang bakal dituju. Usahakan pilih Manajer Investasi dari perusahaan yang kredibel dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Sequis Asset Management sebagai perusahaan manajer investasi yang dimiliki oleh Sequis bisa Anda pertimbangkan. Sequis Asset Management menawarkan banyak produk investasi reksa dana yang bisa Anda pilih, di antaranya:  

1.    Reksa Dana Sequis Equity Indonesia dan Reksa Dana Sequis Equity Maxima, investasi reksa dana saham, bertujuan memperoleh pengembalian dari pertumbuhan pasar saham jangka panjang. 
2.    Reksa Dana Sequis Balance Ultima, investasi reksa dana campuran yang bertujuan memperoleh tingkat pengembalian yang optimal melalui investasi di pasar saham, obligasi, dan pasar uang.
3.    Reksa Dana Sequis Bond Optima, investasi reksa dana pendapatan tetap untuk memperoleh pengembalian yang stabil melalui investasi yang dilakukan pada obligasi dan pasar uang 
4.    Reksa Dana Sequis Liquid Prima, investasi reksa dana pasar uang yang menjaga likuiditas dan mempertahankan nilai modal melalui investasi pada pasar uang atau obligasi dengan periode di bawah 1 tahun dengan pengembalian yang stabil. 

Mau tahu lengkapnya produk reksa dana dari Sequis Asset Management? Segera cari informasi lebih lanjut melalui www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Asset Management di nomor (62-21) 5223 288.

Butuh bantuan ?