Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengatasi Sengketa Waris dengan Polis Asuransi Jiwa

10 Maret 2022



Apa yang ada dalam benak Anda bila tercetus kata warisan? Biasanya, seseorang akan langsung merujuk harta berupa rumah, perhiasan, mobil, motor, tanah, atau bidang usaha. 

Sebetulnya, warisan tidak melulu tentang itu. Faktanya, banyak yang belum mengetahui bahwa asuransi jiwa juga bisa dijadikan sebuah warisan yang bisa diberikan kepada ahli waris. 

Baca Juga
Kenali Macam Asuransi Jiwa Agar Sesuai Kebutuhan
Rekomendasi Asuransi Jiwa Unit Link Terbaik 2021
Daftar Asuransi Jiwa Terbaik dan Tepercaya
Apa Saja yang Ditanggung dalam Asuransi Jiwa?
Asuransi jiwa yang Pas Untuk Anak Muda


 Namun, asuransi jiwa punya sedikit perbedaan dibandingkan warisan berbentuk rumah, tanah, perhiasan, atau bidang usaha. Nyatanya, manfaat asuransi jiwa bisa diterima secara langsung dan digunakan oleh ahli waris yang ditunjuk di awal perjanjian. Ini berbeda dengan warisan dalam bentuk lain  yang memerlukan proses hukum. 

Atas dasar itulah, asuransi jiwa sangat direkomendasikan bagi seseorang yang ingin memberikan warisan kepada keluarga dan nantinya bisa digunakan untuk memenuhi biaya pendidikan anak, kesehatan, dan kesejahteraan hidup keluarga tercinta.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Hukum waris di Indonesia 
Aturan hukum waris di Indonesia bersifat melengkapi. Artinya, para ahli waris boleh memilh aturan hukum waris mana yang akan digunakan dalam pembagian waris. Baik itu pembagian hukum adat, perdata, Islam, itu semua berdasarkan kesepakatan para ahli waris. Untuk itu, warisan berupa polis asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk warisan yang direkomendasikan karena manfaatnya bisa langsung diterima oleh ahli waris tanpa melalui proses panjang pengadilan atau menunggu ketetapan fatwa waris dari pengadilan. Sementara untuk warisan berupa properti, deposito, rekening bank, reksa dana, kendaraan bermotor, emas dan perhiasan, serta saham (bisnis), baru dapat diterima oleh ahli waris setelah melalui proses pengadilan seperti berikut:

1.    Bila aset telah dinyatakan sebagai harta waris
2.    Melalui proses pemindahan kepemilikan harta kepada ahli waris setelah keputusan berupa fatwa waris atau ketetapan pengadilan 
3.    Harta waris akan diterima oleh ahli waris secara resmi

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

Pada dasarnya, warisan berupa polis asuransi jiwa membuat usaha Anda menyiapkan dana warisan untuk keluarga menjadi lebih mudah. Mengapa? Karena Anda hanya harus menyiapkan dananya berupa premi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi setiap bulannya atau periode waktu tertentu lainnya yang bisa Anda pilih. Menarik bukan? Segera klik Informasi produk asuransi jiwa Sequis selengkapnya www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?