Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Turunkan Koleksterol dengan Berpuasa, Ini Caranya!

1 Desember 2022


Sumber foto : Kompas.com


Berpuasa memiliki beragam manfaat. Dari segi kesehatan, berpuasa ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Alhasil, puasa sangat disarankan bagi masyarakat yang ingin menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Namun, tetap ada ‘aturan’ yang mesti ditaati selama berpuasa. Setidaknya, kita pantang untuk mengonsumsi makanan sembarang saat sahur agar tubuh tetap bugar dan sehat selama menjalani puasa selama 8-10 jam.

Lantas, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur?

1. Makanan Kaya Serat
Konsumsi serat bisa didapatkan dari buah, sayur, dan biji-bijian. Ketiganya bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun, sejumlah pakar medis menyarankan agar Anda mengkombinasikannya dengan makanan karbohidrat. Sebab, terlalu banyak makan serat membuat seseorang haus sepanjang hari. Ini terjadi karena protein dan serat butuh banyak air untuk dicerna

Baca Juga
Sayangi Jantung Dengan Pola Hidup Sehat dan Miliki Asuransi
Lawan Penyakit Jantung Aritmia dengan Memperbaiki Gaya Hidup
Pelajaran dari Gagal Jantung Pemain Denmark, Eriksen
Asuransi Kesehatan Hingga Puluhan Miliar per Tahun, Perlu?
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial

2. Makanan Tinggi Karbohidrat
Jenis makanan tinggi serat bisa didapatkan dari roti, nasi, atau kentang. Ketiganya mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa menjaga tingkat energi Anda selama berpuasa.

3. Makanan dan Minuman Tinggi Air
Hindari mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi makanan dengan tinggi air seperti buah-buahan, sayuran, dan jus mentimun atau tomat. Untuk minuman, pilih air kelapa agar bisa menahan cairan di tubuh lebih lama.
Meski begitu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman dengan porsi yang terlalu banyak. Sebab minum terlalu banyak air dapat mengencerkan asam lambung dan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dan Alasan Harus Memiliki
Perlu Asuransi Penyakit Kritis Walau Sudah Punya BPJS?
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Rekomendasi Produk Asuransi Penyakit Kritis untuk Milenial
Asuransi Penyakit Kritis Sequis, Murah & Bisa Dibeli Online
 

4. Protein dari produk susu dan daging tanpa lemak
Makanan seperti itu bisa Anda dapatkan dari susu, telur, ayam, dan yogurt. Menurut sejumlah literasi, jenis makanan ini akan membantu memperkuat kekebalan tubuh selama berpuasa.

Butuh bantuan ?