Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mindfulness untuk Mencapai Tujuan Investasi

7 Oktober 2022



Berinvestasi membutuhkan tekad yang kuat. Sebab, memutuskan berinvestasi berarti harus sudi menyisihkan sebagian uang Anda untuk ditempatkan ke instrumen investasi seperti reksa dana, saham, atau emas.

Baca Juga
Penyebab Rencana Menabung Cuma Jadi Wacana
Solusi Investasi Usai Pasar Kripto Perlahan Menurun
3 Tips Investasi Saham untuk Masyarakat Gaji UMR
Tips Merdeka Finansial: Memiliki Asuransi Kesehatan Sequis
Tips Investasi Jangka Panjang untuk Pasangan Muda

Namun ingat, menyisihkan sebagian tabungan bukan serta-merta melakukan anggaran belanja dengan sangat ketat, karena hal ini justru berpotensi menimbulkan stres dan berujuk buruk bagi kesehatan.Pengelolaan uang yang baik membutuhkan kesadaran penuh atau mindfulness agar bisa menghindari terjadinya stres ketika berinvestasi. Melakukan mindfulness adalah melatih suasana hati dengan lebih positif sehingga bisa menghadapi masalah dengan lebih tenang dan terkontrol. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membuat keputusan yang lebih baik terkait investasi. Berikut adalah beberapa tips mindfulness yang bisa dilakukan:

Memiliki Kesadaran Penuh Terkait Penghasilan 
Pertama, Anda harus menyadari dengan sepenuhnya terkait nilai yang pantas Anda alokasikan untuk investasi dari total penghasilan. Dengan begitu, Anda tidak kalap atau berinvestasi secara membabi-buta ketika sedang cuan. Dengan kontrol keuangan yang dilakukan secara tepat, Anda masih punya cadangan uang untuk keperluan lain.

Baca Juga
Kiat Investasi untuk Milenial Zaman Now
Gaji Cepat Habis saat WFO? Perhatikan 3 Hal Ini
Apa itu Dana Darurat dan Asuransi?
Tips Belanja yang Sehat saat Musim Liburan
Fungsi dan Tugas Manajer Investasi

Observasi Pengeluaran  
Kedua, observasi dana yang Anda keluarkan untuk investasi. Ingat, Anda berinvestasi dengan tujuan untuk mendapatkan kemandirian finansial pada masa depan. Jadi, jangan berinvestasi hanya karena ikut-ikutan teman atau tetangga. Berhenti berinvestasi bila dirasa tidak sreg dengan pola keuangan yang sedang dijalankan. Berinvestasi dengan pikiran yang tidak tenang hanya akan menimbulkan stress pada kemudian hari. 

Ambil Jeda Sebelum Menyusun Rencana Investasi
Ketiga, biasakan untuk mengambil jeda dan melakukan kegiatan relaksasi sebelum menyusun rencana investasi jangka panjang. Cara relaksasi bisa dilakukan melalui latihan meditasi. Kegiatan seperti meditasi kelak bisa membantu mengatasi masalah  emosional dan stres. Dengan demikian  kegiatan tersebut membantu Anda membuat keputusan yang lebih bijak dalam menyusun rencana investasi masa depan.

Butuh bantuan ?