Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Nonton Konser

28 Juli 2023



Sederet band serta penyanyi terkenal bakal konser di luar negeri pada 2024. Pada awal 2024 ada Coldplay yang akan tampil di Singapura. Lalu ada penyanyi Taylor Swift yang juga bakal tampil di negara yang sama pada April 2024.

Anda sudah punya tiket konser keduanya? Bila berencana nonton konser Coldplay, Taylor Swift, atau penyanyi lain di luar negeri, sebaiknya menyiapkan beberapa hal berikut ini dulu, ya...

1. Anggaran perjalanan
Anggaran untuk nonton konser meliputi biaya tiket pesawat, akomodasi, biaya transportasi menuju bandara di Indonesia, biaya transportasi selama di negara tujuan, makanan, dan pengeluaran lainnya.

Baca Juga: Jenis Asuransi yang Harus Diprioritaskan, Anda Wajib Punya

2. Tempat penginapan dan tiket pesawat sesuai bujet
Sudah beli tiket konser? Selanjutnya, silakan pesan tempat penginapan dan tiket pesawat menuju negara tujuan. Agar mendapatkan harga yang relatif murah, beli tiket pesawat jauh hari sebelum hari H konser. Setelah itu, pesan tempat penginapan yang sesuai bujet. Hotel murah biasanya jauh dari venue. Namun usahakan pesan tempat penginapan yang mudah dijangkau dengan transportasi umum.

3. Paspor dan visa
Selanjutnya, periksa persyaratan paspor (atau mungkin juga diperlukan visa) serta dokumen perjalanan untuk negara yang akan kamu kunjungi. Beberapa negara memerlukan visa sebelum masuk, sedangkan negara lain memberikan visa on arrival.

Pastikan kamu memeriksa persyaratan ini dan memprosesnya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan. Visa biasanya melibatkan biaya tambahan, jadi pastikan kamu menganggarkan dana untuk itu.

4. Mata uang negara tujuan
Sebelum berangkat, pastikan kamu memiliki mata uang negara yang akan dikunjungi. Tukar mata uang di bank atau tempat penukaran yang dapat dipercaya sebelum keberangkatan.

Baca Juga: 3 Asuransi Ini Patut Dimiliki Pengguna Transportasi Publik

5. Asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan layak dipertimbangkan bila Anda berencana nonton konser di luar negeri. Maklum, tingkat kecelakaan di moda penerbangan terbilang cukup tinggi.

Biasanya, pihak maskapai sudah menawarkan produk asuransi perjalanan saat calon penumpang membeli tiket. Nantinya, asuransi ini akan memberikan perlindungan bila terjadi kecelakaan. Biaya yang diberikan bisa dalam bentuk penggantian uang pengobatan bila terjadi kecelakaan dan perlu dirawat di rumah sakit atau Uang Pertanggungan (UP) yang akan diberikan kepada ahli waris bila Tertanggung meninggal usai terjadi kecelakaan. Ada pula yang memasukkan manfaat penggantian biaya pemulangan jenazah bila Tertanggung meninggal dunia saat perjalanan.

Selain itu, asuransi perjalanan juga menanggung berbagai risiko lainnya, seperti biaya ganti rugi untuk penundaan penerbangan, biaya ganti rugi atas kehilangan bagasi, biaya ganti rugi atas kehilangan barang pribadi selama dalam perjalanan, dan berbagai biaya lainnya sesuai dengan isi polis tersebut.

Butuh bantuan ?