Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Memilih Asuransi Ji

6 September 2018



Asuransi jiwa dapat memberikan proteksi dalam bentuk Uang Pertanggungan atas risiko meninggal dunia. Jadi, jika Anda meninggal dunia, guncangan finansial pada keluarga Anda bisa terbantu melalui pencairan Uang Pertanggungan dari perusahaan asuransi. Meski begitu, memilih produk asuransi jiwa tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa. Jangan sampai Anda melakukan berbagai kesalahan berikut ini yang menyebabkan Anda tidak bisa menikmati manfaat asuransi jiwa secara optimal.

1. Tidak mengetahui kebutuhan Uang Pertanggungan

Saat membeli asuransi jiwa, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui jumlah Uang Pertanggungan yang dibutuhkan. Jika terjadi risiko dan Uang Pertanggungan yang diberikan pihak asuransi sangat sedikit maka kemungkinan kebutuhan finansial keluarga yang harus dibiayai akan sangat berat. Padahal, cara menghitung kebutuhan Uang Pertanggungan ini sama sekali tidak susah. Cukup hitung pengeluaran rata-rata per bulan Anda & keluarga kalikan dengan jumlah bulan sampai usia anak lulus kuliah. Asumsinya, jika anak lulus kuliah maka ia sudah bisa menghidupi dirinya sendiri. 

2. Keliru menentukan pihak Tertanggung pada polis

Sebagai tulang punggung keluarga, wajar jika Anda ingin memberikan yang terbaik kepada keluarga, termasuk menyiapkan finansial yang cukup jika Anda meninggal dunia nanti. Namun, masih banyak orang yang menunjuk anak di bawah usia 21 tahun (belum termasuk dewasa) sebagai penerima manfaat. Padahal, berdasarkan kebijakan asuransi, umumnya anak di bawah usia 18 atau 21 tahun tidak bisa mengklaim manfaat asuransi. 

Anda boleh saja menunjuk anak berusia di bawah 18 atau 21 tahun sebagai penerima manfaat asuransi kesehatan. Namun, jangan lupa juga menunjuk wali yang sah bagi mereka, misalnya pasangan (suami/istri), saudara kandung atau sepupu Anda.

3. Terburu-buru menutup polis lama sebelum memulai polis baru

Tidak ada yang melarang Anda untuk membuka polis asuransi baru, terlebih jika polis yang baru ini memberikan manfaat yang lebih menyeluruh. Namun, sebelum melakukan itu, sebaiknya jangan buru-buru untuk menutup polis lama. Jika Anda terburu-buru menutup polis asuransi jiwa yang lama, Anda tidak dapat memastikan kapan polis asuransi jiwa yang baru bisa terbit dan berlaku. Jika tidak ada kepastian, Anda tentu tidak tahu juga kapan manfaat asuransi bisa diberikan.

4. Asal membeli produk asuransi tambahan

Ketika membeli asuransi jiwa, kemungkinan besar pihak asuransi akan menawarkan produk asuransi pelengkap (rider) kepada Anda. Penawaran ini memang menggiurkan, terlebih dengan berbagai manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan, tetapi sebaiknya Anda jangan asal mengambil asuransi tambahan tersebut sebelum mengetahui kebutuhan Anda dengan pasti.

Karena, asuransi tambahan berarti Anda juga harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membayar premi. Jika memang tertarik, sebaiknya pelajari dulu masing-masing produk asuransi yang ditawarkan sebelum mengambil keputusan. Jangan sampai nantinya Anda justru merasa kewalahan dalam membayar premi asuransi.

5. Hanya memperhatikan biaya premi

Premi menjadi salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi jiwa. Biasanya kebanyakan orang akan membandingkan premi dari masing-masing produk asuransi jiwa sebelum menentukan pilihan. Hal ini memang penting, tetapi perlu diingat bahwa premi bukan satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan.

Selain premi, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya polis, biaya asuransi, track record dan reputasi perusahaan asuransi, hingga manfaat yang diberikan. Bandingkan masing-masing produk asuransi secara menyeluruh agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari asuransi jiwa pilihan Anda.

Dengan mengetahui berbagai kesalahan di atas, Anda bisa menghindarinya saat memilih produk asuransi jiwa yang sesuai pilihan. Namun, Anda tak perlu khawatir jika memilih asuransi jiwa Sequis karena produk yang tersedia telah dirancang khusus untuk memberikan perlindungan maksimal berdasarkan kebutuhan Anda masing-masing. Untuk itu segera hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis! 

Butuh bantuan ?