Apa yang Harus Anda Ketahui tentang Asuransi Jiwa

6 September 2018



Tidak ada yang tahu bagaimana kondisi kehidupan kita di masa depan nanti. Berbagai ketidakpastian yang dihadapi membuat Anda harus melakukan persiapan khusus, salah satunya dengan memiliki perlindungan dari asuransi jiwa. Karena, berbagai risiko yang terjadi di kehidupan bisa memengaruhi kondisi finansial Anda. Namun, dengan memiliki polis asuransi jiwa, beban finansial yang muncul akibat risiko tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Bagi yang berencana untuk membeli produk asuransi jiwa, sebaiknya Anda mengetahui dahulu beberapa hal penting berikut ini agar tidak salah langkah dan bisa memilih produk asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan.

Apa itu asuransi jiwa?
Asuransi jiwa adalah sebuah asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan oleh kejadian yang tidak diinginkan, bahkan kematian. Asuransi jiwa juga bisa memberikan perlindungan terhadap rencana finansial Anda hingga usia tua.

Perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko akan membayarkan sejumlah uang kepada pemegang polis asuransi atau Tertanggung ketika terjadi risiko kematian. Nah, uang yang dibayarkan perusahaan asuransi ini disebut sebagai Uang Pertanggungan. Di sisi lain, sebagai pemegang polis atau Tertanggung, Anda harus membayarkan premi dalam jumlah tertentu kepada pihak asuransi setiap bulannya. 

Lalu, bagaimana jika pemegang polis atau Tertanggung meninggal dunia? Ke mana perusahaan asuransi harus menyerahkan Uang Pertanggungan? Jika kasus seperti ini terjadi, maka yang berhak mendapatkan Uang Pertanggungan tersebut adalah Ahli Waris dari pihak Tertanggung. 

Manfaat memiliki asuransi jiwa
Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda bisa merasakan berbagai manfaat berikut ini:

  • Perlindungan atas risiko meninggal

Asuransi jiwa bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap risiko kematian. Jika pihak pemegang polis atau Tertanggung meninggal dunia, pihak asuransi akan memberikan Uang Pertanggungan kepada Ahli Waris yang Anda tentukan. Beberapa asuransi bahkan juga menyediakan Uang Pertanggungan untuk mengurus biaya kematian.

  • Perlindungan terhadap risiko kehilangan penghasilan

Bagaimana jika pihak Tertanggung merupakan pencari nafkah utama dan satu-satunya di keluarga Anda? Jika ia meninggal, secara otomatis keluarga akan kehilangan sumber pemasukan. Di sinilah asuransi jiwa dapat membantu menanggung finansial keluarga dengan memberikan Uang Pertanggungan dengan jumlah berdasarkan yang tertera pada Polis. 

  • Menyiapkan masa pensiun

Selain risiko kematian, asuransi jiwa juga dapat membantu Anda untuk menyiapkan hari tua. Beberapa produk asuransi dapat memberikan Uang Pertanggungan jika Anda sudah mencapai usia tertentu. Misalnya seperti Sequis Q Smart Life yang dapat memberikan masa pertanggungan hingga usia 100 tahun dengan Uang Pertanggungan minimal Rp100 juta. Dengan begini, Anda bisa menikmati masa tua dan masa pensiun dengan tenang tanpa dipusingkan urusan finansial.

Pihak yang perlu memiliki asuransi jiwa
Sebetulnya siapa saja bisa memiliki asuransi jiwa mengingat Uang Pertanggungan yang diberikan juga bisa dimanfaatkan sebagai dana pensiun. Namun, asuransi jiwa ini idealnya sangat diperlukan oleh Anda yang menjadi tulang punggung keluarga. Jika tiba-tiba Anda meninggal dunia, kondisi finansial keluarga pasti terguncang. Namun, dengan adanya asuransi jiwa, keluarga Anda akan mendapatkan Uang Pertanggungan sehingga risiko finansial bisa diminimalisir.

Berbagai jenis asuransi jiwa
Ada berbagai jenis asuransi jiwa yang saat ini tersedia di pasaran, beberapa di antaranya seperti:

  • Asuransi jiwa seumur hidup

Sesuai namanya, asuransi jiwa jenis ini memang memberikan perlindungan seumur hidup. Umumnya, jangka waktu perlindungan yang dibatasi oleh perusahaan asuransi adalah 99 atau 100 tahun. Jika kontrak berakhir dan pihak Tertanggung masih dalam keadaan sehat, biasanya ia sendiri yang akan menerima sejumlah Uang Pertanggungan.

  • Asuransi jiwa berjangka

Asuransi jiwa berjangka memberikan perlindungan hingga jangka waktu tertentu, biasanya bisa mencapai dua puluh tahun. Jika pihak Tertanggung meninggal dunia saat kontrak polis masih berlangsung, Uang Pertanggungan akan cair. Namun, jika tidak terjadi risiko selama kontrak polis berlangsung, premi yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan/dibayarkan.

  • Asuransi jiwa unit link

Agak berbeda dari dua asuransi jiwa sebelumnya, unit link menggabungkan manfaat asuransi jiwa dan investasi. Jadi, sebagian premi yang dibayarkan akan dikelola oleh perusahaan asuransi untuk investasi. Menariknya, nilai tunai dari hasil investasi tersebut bisa Anda tarik sewaktu-waktu, jadi tidak perlu menunggu Uang Pertanggungan cair. Namun besarnya nilai investasi tidak dapat dipastikan tergantung kondisi pasar & jenis instrumen investasi. 

Sekarang Anda sudah siap mencari produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lakukan riset sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa asuransi jiwa yang dipilih sudah tepat. Sequis bisa menjadi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan karena Sequis juga memiliki beragam produk asuransi jiwa. Untuk lebih jelasnya, segera hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis! 

Butuh bantuan ?