Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengenal Lebih Lengkap Tentang Premi Asuransi Kesehatan

22 Juli 2019



Premi asuransi merupakan kewajiban yang dibayarkan oleh Nasabah Asuransi secara rutin, mulai dari bulanan hingga tahunan. Dapat juga dibayarkan secara sekaligus. Tergantung dari cara pembayaran yang tersedia di program asuransi yang dibeli Nasabah. Kewajiban tersebut muncul karena keikutsertaan Nasabah dalam program asuransi.  dan besaran kewajiban disesuaikan dengan program asuransi yang dipilih oleh Nasabah. Di asuransi kesehatan, besaran kewajiban premi asuransi yang harus dibayarkan tercatat di dalam dokumen Polis Asuransi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang premi asuransi kesehatan, ada baiknya simak ulasan berikut ini:
Penentuan besaran premi asuransi kesehatan
Jumlah premi asuransi ditentukan berdasarkan tingkat risiko yang ditanggung perusahaan asuransi. Semakin besar risiko yang ditanggung, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayarkan.

Beberapa contohnya adalah:
a.    Premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh perokok akan lebih mahal dibanding orang yang tidak merokok.
b.    Premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh penderita obesitas akan lebih mahal dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

Mempertimbangkan premi 
Masyarakat sering salah kaprah dengan membeli asuransi kesehatan berdasarkan premi yang ditawarkan. Asuransi yang menawarkan premi paling murah biasanya menjadi pilihan. Padahal, premi murah tak selalu jadi jaminan manfaat yang diberikan cocok untuk Anda. Berikut informasi  mengenai premi yang perlu Anda ketahui:

1.    Jangan hanya melihat harga premi saat memilih premi asuransi kesehatan. Pertimbangkan juga jumlah uang pertanggungan yang ditawarkan.
2.    Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan. Besar/kecil uang pertanggungan dan premi asuransi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
3.    Jangan hanya membandingkan premi yang harus dibayarkan. Anda juga harus mempertimbangkan kemudahan klaim hingga rekam jejak perusahaan (bisa dilihat di situs perusahaan). 

Memilih premi asuransi kesehatan
Kini, banyak perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan premi murah. Terkadang premi yang murah tersebut membuat Anda lupa seberapa besar manfaat yang bisa Anda dapatkan dari biaya yang dikeluarkan. Bila Anda ingin agar keikutsertaan Anda dalam asuransi kesehatan membawa manfaat yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Di antaranya adalah:

a)    Kemampuan membeli
Selain jumlah anggota keluarga, kondisi ekonomi juga harus Anda perhatikan ketika memilih premi asuransi kesehatan. Meski premi asuransi kesehatan yang sedang dipertimbangkan terbilang murah, Anda harus tetap memastikan pengeluaran per bulan untuk membayar premi sesuai dengan kondisi ekonomi Anda saat ini. Jika merasa bahwa kondisi ekonomi Anda saat ini lebih dari cukup, tidak ada salahnya untuk memprioritaskan jenis asuransi yang nilai premi dan pertanggungannnya lebih tinggi.
b)    Presentasi budget asuransi

Anda mungkin penasaran dengan biaya ideal yang harus Anda keluarkan per bulan untuk premi. Lazimnya 10% dari pendapatan Anda per bulan. Pada prinsipnya asuransi sangat mirip dengan investasi, yakni pertanggungan dari asuransi kesehatan adalah investasi yang memberi banyak manfaat proteksi kesehatan pada masa depan.

Nah, itulah informasi tentang premi asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih bingung mencari asuransi kesehatan dengan premi yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan asuransi kesehatan dari Sequis Life yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat! 

Butuh bantuan ?