Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bolehkah Mendaftar Asuransi Ketika Sedang Sakit?

5 September 2018



Kesehatan adalah investasi terbesar yang harus Anda perhatikan seumur hidup. Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, tentu saja baiknya jika Anda lebih dulu memiliki asuransi kesehatan sebelum jatuh sakit. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang enggan mendaftar di asuransi kesehatan dengan alasan biaya premi yang mahal.

Faktanya, memiliki asuransi kesehatan sejak muda dapat membantu Anda menghemat banyak pengeluaran untuk pengobatan saat terserang penyakit. Dengan memiliki asuransi kesehatan, biaya pengobatan Anda dapat terbantu, sesuai dengan manfaat produk yang dipilih sebelumnya. Terlebih, inflasi biaya kesehatan mencapai 15% per tahun akibat kenaikan harga obat, peralatan, serta honor dokter (sumber: alodokter.com).

  • Lebih cepat, lebih baik

Umumnya, perusahaan asuransi akan menganjurkan Anda untuk membeli produk asuransi kesehatan saat masih muda dan dalam kondisi fisik yang sehat. Bukan semata hal ini untuk meningkatkan penjualan produk mereka, melainkan demi kepentingan dan keuntungan Anda sendiri. Mengapa demikian?

Asuransi kesehatan lebih baik dimiliki sedini mungkin, sebab di usia muda Anda cenderung memiliki risiko sakit yang lebih rendah. Dalam kondisi tersebut, premi yang dibayar pun menjadi lebih murah. Karena, jika sudah terlanjur terkena penyakit berat tapi baru mendaftar asuransi, perusahaan asuransi memiliki hak memberikan pengecualian, menanggung dengan syarat tertentu, atau bahkan menolak permohonan pembelian asuransi.

  • Pilih asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas

Saat berencana mengajukan pembelian asuransi, sebaiknya pilih perusahaan yang memiliki jaringan rumah sakit yang cukup luas. Hal ini akan berpengaruh pada kemudahan Anda untuk menemukan pengobatan dan perawatan terbaik dari rumah sakit terdekat dan terpercaya. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memilih rumah sakit terpercaya yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan yang akan Anda pilih.

  • Bersikap bijaksana

Saat memilih asuransi kesehatan, sebaiknya bijaksanalah dalam memilih program yang akan diikuti, sebab asuransi adalah program jangka panjang yang sebaiknya tidak berhenti di tengah jalan. Jika Anda memiliki keterbatasan dana untuk membayar premi setiap bulannya, cukup pilih asuransi jiwa dengan plan dasar (basic). Artinya, Anda benar-benar hanya membayar asuransi kesehatan sesuai budget Anda, tanpa membayar lebih untuk hal yang tidak Anda butuhkan. Dengan demikian, premi yang dibayarkan untuk asuransi kesehatan bisa lebih terjangkau sehingga tidak akan memberatkan Anda setiap bulannya. 

  • Kemudahan pembayaran premi

Last but not least, Anda juga harus mempertimbangkan kemudahan pembayaran premi asuransi kesehatan. Saat ini, perusahaan asuransi sudah menyediakan beragam kemudahan pembayaran premi. Mulai dari auto debit kartu kredit, transfer bank, hingga melalui berbagai channel pembayaran online yang semakin menjamur. Tentu saja, dengan adanya beragam fasilitas pembayaran premi, Anda akan semakin dimudahkan dan mencegah terjadinya keterlambatan.

Segeralah mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan sebelum kondisi fisik menurun untuk mengurangi tingginya biaya premi yang harus dibayarkan. Namun, jika ternyata Anda sudah telanjur sakit, Anda tetap bisa mendaftar di asuransi, namun ada pengecualian-pengecualian yang mungkin akan diberlakukan. Jadi, sebelum terlambat, segeralah mengikuti program asuransi dari perusahaan asuransi yang sesuai dengan pilihan Anda. 

Sequis menawarkan Sequis Q Infinite Medcare Rider, produk asuransi kesehatan yang mencakup perlindungan kesehatan menyeluruh hingga batas usia 100 tahun. Produk ini memberikan perlindungan kesehatan dalam 24 jam sehari dan 365 hari setahun di seluruh dunia, tergantung plan yang dipilih. Memberikan perlindungan sekaligus kenyamanan saat Anda harus mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan menawarkan kamar perawatan satu orang. Untuk memperoleh informasi selengkapnya Anda dapat klik di sini. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.  Hidup akan selalu punya kejutan, oleh karena itu milikilah perlindungan asuransi sejak dini Plan The Unplanned with Sequis! 

Butuh bantuan ?