Cara Memperkuat Hubungan Ayah-Anak

7 November 2017



Selama ini, coba pikirkan kembali bagaimana hubungan kita dengan Ayah. Apakah komunikasi yang baik terjalin dengan Ayah kita di rumah? Kita semua sebagai anak tentunya ingin bisa berhubungan baik dengan Ayah. Ketika beranjak dewasa, kita ingin bisa bergaul dengan Ayah karena merasa tidak mendapatkannya saat masih kecil di masa lalu. Memang tidak mudah untuk memperkuat hubungan dengan Ayah, namun ada banyak cara untuk dapat meningkatkan hubungan Ayah-anak.

Cobalah beberapa cara berikut:

1. Cari tahu apa yang membuat Anda tidak bisa bergaul baik dengan Ayah
Anda sebenarnya sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab Anda tidak bisa merasa terhubung dan dekat dengan ayah. Cari tahu alasan yang jelas jika ingin benar-benar memperbaiki hubungan, misalnya ketidakhadiran sosok Ayah saat Anda bertumbuh besar baik secara fisik maupun emosional. Mungkin Ayah tidak pernah mendukung ambisi Anda di saat Anda membutuhkannya, atau mungkin dia lebih peduli dengan saudara Anda ketimbang diri Anda.

2. Hilangkan ego merasa diri selalu benar
Setuju atau tidak setuju akan suatu hal memang bukanlah hal yang mudah, namun terkadang hal tersebut terpaksa dilakukan sebagai pilihan terakhir. Penting untuk diingat bahwa ayah Anda berhak atas pendapatnya, bahkan jika Anda mengganggapnya salah.

3. Tanyakan kepadanya tentang hidupnya
Jika Anda ingin membangun hubungan yang lebih baik dengan Ayah Anda maka Anda perlu menunjukkan ketertarikan pada kehidupan kesehariannya. Tanyakan kepadanya tentang pekerjaannya, teman-temannya, seperti apa dia saat dia seusiamu, ke mana dia ingin pergi sebelum dia meninggal, atau hal-hal lain yang Anda ingin tahu dan kemudian dengarkan baik-baik ceritanya. Dia akan menghargai Anda untuk itu, dan Anda mungkin akan belajar sesuatu darinya.

Butuh bantuan ?