Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Begini Cara Mengatur Keuangan Dalam Berbisnis

12 Agustus 2020



Setiap pengusaha tentunya ingin mendapatkan keuntungan besar dengan pengeluaran yang kecil.  Namun, bagaimana caranya harapan itu bisa terwujud? Salah satunya bisa dengan strategi pemasaran dan pandai mengatur keuangan. 

Nah, rasanya  Anda harus pelajari tips-tips berikut ini agar menjadi pengusaha yang sukses.

•    Buat Rencana 
Anda bisa mengawali dengan membuat perencanaan yang bersifat umum, yakni menentukan rencana jangka Panjang dan pendek. Lalu, lakukan perhitungan kebutuhan secara teperinci untuk menjalankan program Anda.

•    Jangan Mencampur Harta Pribadi dengan Harta Perusahaan
Menempatkan harta dalam satu rekening akan membuat Anda kesulitan mengontrol pengeluaran ataupun pendapatan. Jadi, ada baiknya untuk memiliki dua atau lebih rekening untuk memisahkan harta pribadi dengan harta perusahaan.

•    Harus Mempunyai Target Penghasilan
Anda mesti menetapkan maksimal modal yang akan digunakan. Dengan begitu, Anda bisa dapat memperhitungkan berapa harga yang cocok untuk memasarkan produk. Perhitungan matang akan mempengaruhi pencapaian target yang sudah Anda tentukan

•    Anggarkan Pengeluaran 
Buat anggaran pengeluaran setiap periode. Lalu analisis pengeluaran tersebut sehingga ada evaluasi untuk periode berikutnya. Cara ini agar Anda bisa menilai kinerja dan efisiensi usaha yang sudah dijalankan.

•    Catat Pengeluaran dan Pemasukan, Awasi Arus Keuangan serta Evaluasi Saat Tutup Buku
Mengawasi arus keuangan demi kelancaran keuangan perusahaan. Pastikan tagihan sudah dibayar. Lalu, evaluasi keuangan Anda setiap tutup buku. 

•    Berasuransi
Anda mesti memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Jadi, modal dan pendapatan Anda tidak akan habis ketika Anda atau keluarga ada yang sakit atau mengalami hal-hal tidak terduga lainnya. 

Anda Juga bisa Mengalokasikan laba perusahaan ke Perusahaan Manajemen Investasi. Berinvestasi akan menambah pundi-pundi penghasilan, tanpa menghabiskan waktu dan tenaga Anda dalam mengurus perusahaan. Anda cukup fokus pada bisnis Anda dan biarkan uang Anda “bekerja untuk Anda” bersama perusahaan manajemen investasi yang sudah Anda tunjuk.

Cara mengatur keuangan untuk berbisnis ini akan berhasil jika Anda mempunyai tekad yang kuat, disiplin dan konsisten dalam menerapkannya. Dengan itu semua segala usaha Anda dapat berjalan dengan sukses dan benar sesuai keinginan Anda.

Butuh bantuan ?