Cemas & Khawatir Saat Jauh dari Keluarga? Cari tahu cara mengatasinya

Rabu, 15 November 2017



Keluarga merupakan bagian penting dari kehidupan kita. Keluarga tempat kita berbagi segala hal, bercengkrama, merasakan kasih sayang, menerima perbedaan dan mendukung Anda untuk melakukan hal lebih baik. Rasa hampa dan kesepian pasti datang menghampiri jika keadaan memaksa Anda untuk terpisah dari keluarga untuk waktu yang lama, demi kehidupan Anda yang lebih mandiri atau untuk kepentingan karir yang lebih baik.

Anda pasti merindukan suasana kehangatan bersama keluarga, mulai dari kelezatan masakan Ibu, bersepeda bersama Ayah setiap minggu pagi, hingga keceriaan bersama adik atau kakak saat bermain bersama atau bertengkar atas hal sepele. Semua memori tersebut dapat membuat Anda rindu akan keluarga saat terpisah jauh untuk waktu yang lama.

Rasa rindu yang semakin mendalam akan menimbulkan perasaan “homesick”, yaitu perasaan rindu yang membuat Anda selalu teringat momen dan kehangatan bersama keluarga. Terkadang kita dapat dengan mudah mengalahkannya dengan kesibukan yang kita alami, namun dengan berjalannya waktu, apakah hal tersebut akan hilang dengan sendirinya? Tentu tidak. Anda akan selalu diliputi perasaan cemas ataupun khawatir terhadap keluarga, bahkan hal tersebut dapat menjadi distraksi atas pekerjaan jika tidak segera diatasi.


Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi homesick, antara lain:
1. Memfokuskan pikiran pada apa yang ingin Anda tuju dan menyibukkan diri
Fokuskan pikiran terhadap apa yang harus Anda capai dari pilihan yang telah Anda buat. Tentunya tidak mudah hidup sendirian di luar sana tanpa keluarga, tetapi coba Anda renungkan jika Anda tidak fokus dalam mengejar apa yang Anda ingin capai, bukankah itu akan membuat keluarga Anda merasa kecewa? Anda harus bertanggung jawab atas pilihan yang telah dibuat.


2. Cari pertemanan
Di luar kesibukan, tentu Anda tetap membutuhkan sosok individu yang dapat bercengkrama atau sekedar berbagi keluh kesah atau kesenangan. Carilah teman yang cocok dengan kepribadian Anda agar tidak merasa kesepian di saat senggang dan dapat membawa Anda kepada hal yang positif.


3. Kontak keluarga secara berkala
Teknologi saat ini sudah sangat berkembang. Anda dapat menghubungi keluarga dengan mudah, mulai dari Instant Messaging hingga Video Call untuk sedikit melepas kerinduan yang ada.


4. Belajar mandiri dan mengurus diri sendiri
Ini mungkin menjadi salah satu alasan Anda berada jauh dari keluarga yaitu untuk belajar mandiri dan mengurus diri sendiri. Mari mulai melakukan beberapa hal kecil seperti mencoba memasak sendiri, mencuci pakaian atau merapikan kamar. Dengan mengerjakan kegiatan rumah yang berhasil dilakukan tanpa bantuan siapapun, dapat membantu menghilangkan rasa homesick karena Anda tidak mengandalkan keluarga dalam hal ini.


5. Atur jadwal pulang
Anda boleh sibuk untuk mencapai tujuan pada pekerjaan, namun jangan lupa berkunjung pada keluarga untuk bersilaturahmi. Segera atur jadwal pulang untuk melihat keadaan orang tua. Ambil beberapa hari untuk cuti dari pekerjaan pada waktu yang tepat, misalnya perayaan hari Ayah, hari Ibu atau hari ulang tahun salah satu anggota keluarga.


Anda tentunya tidak menginginkan kekhawatiran menyertai saat kembali pergi lagi, bukan? Mari lindungi keluarga Anda di rumah saat jauh dari mereka karena sesungguhnya Anda tidak ingin risiko menghampiri mereka. Sequis membantu Anda mencapai tujuan tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan tak terduga pada keluarga di rumah. Segera lakukan perlindungan keluarga tercinta untuk masa depan yang lebih baik di www.sequis.co.id.

Butuh bantuan ?