Menyiapkan Jaminan Pendidikan Bagi Buah Hati Sejak Dini

Senin, 20 November 2017

Menurut perencana keuangan, Pandji Harsanto, biaya pendidikan dapat menjadi murah apabila disiapkan sejak jauh hari. Menunda mempersiapkan biaya pendidikan selama satu tahun dapat berimbas pada meningkatnya dana yang harus disisihkan di tahun selanjutnya. Peningkatan tersebut cukup besar, mencapai 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara kenaikan gaji karyawan di perusahaan setiap tahun umumnya tidak lebih dari 20 persen. Belum lagi laju inflasi tahunan yang turut menggerus nilai uang antara 10 hingga 20 persen.  


Langkah terbaik adalah mempersiapkan biaya pendidikan sang buah hati sedini mungkin. Hal ini menguntungkan karena nilai angsuran yang dibayarkan lebih sedikit ketimbang bila menundanya. Orangtua dapat memulainya saat bayi masih berada dalam  kandungan.


Ada beberapa pilihan cara mempersiapkan biaya pendidikan bagi sang buah hati. Berikut di antaranya:


·Tabungan Pendidikan
Produk ini disediakan oleh bank. Cara kerja tabungan pendidikan mirip dengan prinsip menabung. Orangtua cukup membuka rekening di bank lalu menyimpan uangnya guna mendapatkan tambahan bunga sesuai dengan yang suku bunga yang berlaku (sekitar 1-3% per bulan). Saat ini, tabungan pendidikan umumnya dilengkapi dengan Asuransi Jiwa. Apabila orangtua sebagai penanggung atau pihak yang menabung mengalami musibah atau meninggal dunia maka perusahaan asuransi akan menggantikan peran sebagai penyetor tabungan.


·Deposito
Deposito dapat menjadi alternatif untuk mengumpulkan biaya dalam jangka waktu pendek, misalnya uang pendaftaran masuk TK atau membayar uang les. Namun untuk merencanakan biaya pendidikan jangka panjang, keuntungan yang didapat dari deposito tidak dapat menyaingi inflasi maupun kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.


·Asuransi Pendidikan
Asuransi pendidikan pada umumnya memiliki dua fungsi: investasi dan proteksi. Fungsi investasi bertujuan mengumpulkan biaya pendidikan anak di masa mendatang, sementara fungsi proteksi untuk memberikan perlindungan ataupun jaminan biaya bagi anak apabila mengalami masalah kesehatan. Asuransi pendidikan memberikan jaminan tersedianya biaya pendidikan bagi anak apabila orangtua atau pihak yang menanggung biaya asuransinya meninggal dunia. Biaya pendidikan yang dicover dalam asuransi, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pilihlah produk asuransi pendidikan yang menawarkan manfaat maksimal bagi anak. Misalnya, masa asuransi yang dapat disesuaikan dengan usia anak, fleksibilitas untuk menentukan Uang Pertanggungan (UP), atau pilihan masa dan cara pembayaran premi.

Butuh bantuan ?