Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Agar Sukses Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

29 Juni 2020


Untuk membantu para orang tua mewujudkan jaminan pendidikan buah hatinya, Sequis mendesain beragam pilihan asuransi pendidikan


Dana pendidikan anak akan sulit didapat tanpa ada upaya serius dari orang tua. Bila tidak konsisten disisihkan, dana pendidikan akan selalu tergerus oleh pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari 
Orang tua perlu menyusun langkah-langkah efektif dalam menyiapkan biaya pendidikan. Berikut ini beberapa di antaranya: 

1. Merencanakan Pendidikan Anak Sejak Dini 
Kapan sebaiknya mulai menyiapkan dana pendidikan anak? Tentunya jauh sebelum anak Anda harus masuk sekolah. Dengan begitu, dana pendidikan sudah tersedia ketika sudah harus masuk sekolah. Dana pendidikan harus disiapkan sejak dini untuk mengantisipasi risiko pada masa depan. Misal, salah satu dari istri atau suami tidak lagi bekerja ketika anak sudah masuk usia sekolah. 

2. Mencari Lembaga Pendidikan yang Sesuai Kebutuhan
Jangan ragu bertanya kepada keluarga atau teman tentang sekolah anak mereka. Tanyakan hal-hal penting seperti biaya masuk, biaya per bulan, konsep pembelajaran di sekolah, dan sebagainya. Periksa pula fasillitas dan sarana yang diberikan, juga kegiatan-kegiatan yang disediakan untuk mengasah bakat anak. Ini penting agar anak mendapat sekolah yang sesuai dengan yang dibutuhkan. 

3. Membuat Perhitungan Dana Pendidikan Anak 
Luangkan waktu bersama pasangan untuk membuat rincian biaya pendidikan anak. Mulai dari jenjang terendah, yaitu uang masuk SD hingga biaya kuliah. Sebelum melakukan perhitungan, pastikan Anda sudah mendapat informasi mengenai uang masuk dan SPP sekolah-sekolah yang diincar. Jangan lupa menambahkan biaya inflasi pendidikan 15 % per tahun karena rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik di angka tersebut. 

4. Memilih Instrumen Keuangan yang akan Digunakan
Langkah selanjutnya adalah memikirkan instrumen keuangan yang akan digunakan sebagai kendaraan untuk menyimpan dana pendidikan. Hal ini mesti dilakukan agar tabungan Anda aman dan menguntungkan dibanding menyimpannya sebagai tabungan konvensional. 

Beberapa produk keuangan yang bisa dimanfaatkan diantaranya: 
A.    Tabungan pendidikan
B.    Investasi reksa dana 
C.    Asuransi Pendidikan
D.    Deposito 
E.    Investasi emas
Sebelum memilih, pastikan Anda telah mencari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing instrumen agar dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

5. Konsisten dalam Menabung 
Tahap selanjutnya adalah mulai menabung dan melakukannya dengan konsisten. Dengan pengumpulan uang secara konsisten, maka tujuan Anda akan tercapai. 

6. Tidak Menggunakan Tabungan Pendidikan saat Situasi Darurat
Setelah konsisten menabung dana pendidikan anak, sebaiknya Anda menghindari keinginan melakukan penarikan untuk kebutuhan-kebutuhan lain yang tidak lebih penting dari pendidikan buah hati Anda. 
Itulah langkah-langkah dalam menyiapkan dana pendidikan anak yang dapat Anda terapkan. Memang tidak mudah, namun akan lebih baik mencoba daripada tidak berusaha sama sekali. 

Untuk membantu para orang tua mewujudkan jaminan pendidikan buah hatinya, Sequis mendesain beragam pilihan asuransi pendidikan dengan bermacam-macam manfaat dan premi yang sangat terjangkau. Dapatkan informasi asuransi pendidikan Sequis di sini. Jika memerlukan bantuan, silakan menghubungi Sequis Personal Assistent di https://www.sequis.co.id Tersedia pula layanan Sequis care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Wujudkan mimpi buah hati dengan mempersiapkan dana pendidikannya bersama Sequis!

Butuh bantuan ?