Hari Gizi Nasional, Ayo Mulai Kenali Pola Makan Seimbang!

29 Januari 2021



Sejak kecil kita sudah sering menerima beragam informasi mengenai konsumsi makanan dengan gizi seimbang atau dulu kita sering membaca di buku tingkat sekolah dasar dengan sebutan makanan empat sehat lima sempurna. Makanan tersebut idealnya terdiri beragam jenis, yakni protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin.

Nah, bertepatan dengan Hari Gizi Nasional pada 25 Januari 2021 kali ini, sudahkah Anda mengonsumsi makanan seperti itu? Atau justru masih bingung dengan makanan apa saja yang tergolong empat sehat lima sempurna?

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) melalui akun Instagram-nya berusaha untuk menjelaskan mengenai hal ini dengan menjelaskan mengenai pola makan gizi seimbang

1. Setengah dari piring makan, terdiri dari sayur dan buah-buahan
2. Seperempat dari piring makan, diisi dengan protein
3. Seperempat dari piring makan dipenuhi dengan karbohidrat 
4. Lengkapi dengan sedikit minyak sehat 
5. Konsumsi air putih yang cukup. Poin nomor lima itu juga sangat penting, karena asupan air putih minimal 2 liter sehari sangat dibutuhkan setiap orang.

Informasi ini diharapkan bisa menjadi awal untuk meningkatkan perbaikan gizi dan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Maklum, selama ini Indonesia masuk ke dalam salah satu negara dengan konsumsi gizi yang buruk. Salah satu indikatornya adalah fakta bahwa Indonesia masih bergelut dengan persoalan stunting (gangguan pertumbuhan) pada anak. Sebuah problem kesehatan yang memiliki keterkaitan erat dengan pemenuhan kebutuhan gizi. Dan, permasalahan stunting menjadi salah satu fokus yang ingin dieliminasikan oleh pemerintah pada 2045.

Hari Gizi Nasional 2021 harus menjadi awal untuk memulai semuanya. Persoalan gizi buruk bisa dihilangkan dengan cara menjalankan anjuran yang telah dikeluarkan oleh Ditjen GTK.

Butuh bantuan ?