Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ingin Mulai Investasi? Inil 3 Jenis Investasi yang Cocok

23 November 2018



Majunya era teknologi dan kemudahan mengakses informasi membuat banyak orang sudah banyak mengerti akan pentingnya dan manfaat besar dari investasi. Sekarang investasi memang sedang naik daun jika dibandingkan dengan tabungan, mulai dari risikonya, jumlah keuntungan, sampai rentang waktu pengembalian. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara tabungan dan investasi. Umumnya, investasi memiliki risiko (fluktuasi nilai) yang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Namun, secara keuntungan, investasi bisa lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Jika Anda bijaksana dalam berinvestasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan di masa depan.

Di dalam artikel kali ini akan dibahas apa investasi yang cocok untuk pemula atau generasi millennial. Salah satu ciri-ciri investasi yang cocok untuk pemula adalah dengan jumlah investasi awal yang tidak besar dan memiliki jangka waktu menengah, tidak terlalu pendek, ataupun lama. Simak apa saja jenis investasi tersebut.

Reksa dana

Investasi pertama yang bisa Anda pilih adalah reksa dana. Jenis investasi ini memiliki biaya yang relatif murah dan pengaplikasiannya relatif mudah jika dibandingkan investasi lain. Reksa dana adalah wadah dan pola pengelolaan modal bagi investor untuk berinvestasi dalam salah satu atau beberapa instrumen investasi yang ada di pasar modal. Sekumpulan dana tersebut nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk dialokasikan ke berbagai instrumen seperti obligasi, saham, pasar uang, ataupun sekuritas lain.

Anda tidak perlu tahu secara mendetail bagaimana cara memainkan saham, mencari jenis deposito yang bagus, ataupun melihat jenis obligasi yang menguntungkan. Anda bisa rutin membaca laporan kinerja reksa dana yang akan dikirimkan Manajer Investasi setiap bulan untuk melihat apakah kinerja investasi sedang naik atau turun.

Tabungan Emas

Investasi lainnya yang bisa Anda pilih adalah tabungan emas. Ini adalah investasi yang menggunakan emas sebagai tabungan. Tingkat pengembalian tabungan ini akan mengikuti pergerakan harga emas. Sistem menabung dengan emas adalah Anda menabung sejumlah uang, kemudian oleh perusahaan/jasa, tabungan emas ini akan dikonversi menjadi emas sesuai dengan nilai emas saat itu. Jadi, pada intinya, Anda akan membeli emas dan dititipkan kepada pihak yang kompeten.

Peer to peer lending

Investasi selanjutnya yang sedang naik daun adalah peer to peer lending (P2P lending). Ini adalah jenis investasi yang menyediakan pinjaman uang kepada individu atau bisnis. Kebanyakan orang melihat P2P lending ini hanya memberikan pinjaman uang, padahal P2P lending bisa menjadi instrumen untuk berinvestasi, yaitu Anda sebagai pemberi pinjaman. Beberapa perusahaan P2P lending menyediakan platform patungan untuk Anda yang ingin mendanai beberapa individu atau perusahaan yang ingin menjadi peminjam.

Tidak perlu khawatir uang Anda akan hilang karena beberapa perusahaan akan menyediakan platform demi menyaring mana bisnis yang bagus untuk diberi penyaluran investasi atau tidak. Jika Anda bertanya berapa keuntungannya, maka akan tergantung jumlah pinjaman yang diberikan dan waktu peminjaman. Namun, rata-rata keuntungan adalah sekitar 5 hingga 10 persen.

 

Jadi, dari ketiga pilihan investasi di atas, mana yang akan Anda pilih? Jika tertarik dengan bentuk investasi reksa dana, Anda bisa mempertimbangkan investasi reksa dana dari Sequis Asset Management. Ada beberapa jenis reksa dana yang bisa dipilih di Sequis Asset Management, yaitu Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapatan Tetap, dan Reksa Dana Pasar Uang. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses informasinya melalui www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id. Di dalam website tersebut Anda dapat mempelajari masing-masing produknya dan mencocokkan dengan profil risiko Anda.

Butuh bantuan ?