Kiat Mengatur Keuangan Rumah Tangga

7 November 2017



1. Temukan Penyebab Masalah Keuangan

Coba pahami, mengapa gaji Anda selama ini selalu kurang untuk memenuhi kebutuhan? Bahkan seringkali kehabisan uang saat pertengahan bulan. Akibatnya Anda terpaksa berhutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apakah Anda sekeluarga memiliki gaya hidup konsumtif atau tidak kompak dalam mengatur keuangan.

2. Rencanakan Daftar Belanja

Kesalahan utama seseorang yang boros adalah mengikuti gaya belanja implusif yaitu tidak didasarkan pada kebutuhan tetapi keinginan. Susunlah daftar seluruh kebutuhan bulanan Anda di urutkan dari yang penting dahulu. Dengan adanya anggaran tertulis, akan lebih mudah mengurangi risiko membeli barang yang tidak diperlukan.

3. Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Makan di restoran sesekali tidak maslah, tetapi apabila ini menjadi sebuah kebiasaan rutin tentunya akan menghabiskan gaji secara cepat. Sebaiknya Anda dapat memasak sendiri di rumah.

4. Pastikan Catat Data Pemasukan dengan Jelas

Saat ada pemasukan dari mana pun dan dengan nominal berapa pun tetap harus Anda catat. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki data dari mana saja uang yang masuk dan keluar.

5. Cermat dalam Berbelanja

Berbelanja dengan gaji kecil membutuhkan strategi agar uang yang dimiliki dapat mencukupi. Sebaiknya atur berbelanja menjadi sebulan sekali pada awal bulan dan akhir bulan untuk mengindari belanja boros. Anda pun juga dapat menghemat biaya transportasi saat berbelanja.

Butuh bantuan ?