Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penyebab Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan Tidak Disetujui

7 Januari 2020


Sebenarnya, proses yang harus dijalani nasabah untuk mengajukan klaim ini tidaklah sesulit yang dibayangkan


Pembahasan seputar asuransi kesehatan tidak akan lepas dari pengajuan klaim. Sebab, tujuan utama asuransi ialah agar nasabah dapat mengajukan klaim dan mencairkan dana apabila terjadi masalah yang berhubungan dengan kesehatannya.

Risiko gangguan tehadap kesehatan bisa dialami oleh siapapun. Sakit adalah kondisi yang sangat dekat dengan setiap individu. Sehingga sangat diperlukan adanya asuransi kesehatan. Namun, hingga saat ini, masyarakat masih banyak yang mengeluhkan tentang sulitnya melakukan klaim saat tertimpa musibah sakit.

Klaim yang dilakukan seringkali ditolak oleh penyedia asuransi. Semisal ingin mengajukan biaya untuk mengganti pengobatan. Maka, dengan dasar itulah, nasabah harus bijak dalam melihat alasan yang membuat klaim mereka tidak disetujui.

Urusan dana pertanggungan selalu berhubungan dengan sistem asuransi yang digunakan. Oleh karenanya, pemahaman terhadap sistem dan ketentuan pihak penanggung sangatlah penting. Hal itulah yang akan membantu Anda untuk lebih mudah mengajukan klaim.

Sebenarnya, proses yang harus dijalani nasabah untuk mengajukan klaim ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Penyedia sudah menerapkan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan perusahaan. Bahkan sebenarnya, proses ini tertulis dalam kontrak yang semestinya sudah diketahui oleh pemegang polis sejak awal.

Asalkan Anda membeli polis dari penyedia yang benar dan dapat dipercaya. Jika ketentuan serta syarat untuk pengajuan klaim telah lengkap dan sesuai, pastinya perusahaan asuransi akan mengabulkan pengajuan dan mencairkan dana yang memang merupakan hak nasabah.

Guna mempermudah Anda dalam mengajukan klaim dana pertanggungan asuransi kesehatan, Berikut ini dijelaskan hal-hal yang baiknya dihindari agar klaim tidak ditolak.

1. Jenis Penyakit yang Diajukan Tidak Berada dalam Manfaat Polis
Anda harus cermat sebelum mengajukan klaim jaminan kesehatan. Selalu ingat bahwa ada aturan serta kesepakatan yang telah dibuat dengan perusahaandan tertulis pada perjanjian polis. Pastikan bahwa keadaan sakit yang membuat Anda mengajukan klaim sesuai dengan kondisi yang disyaratkan dalam perjanjian.

Misalnya, Anda mengalami masalah kesehatan, yakni sakit bawaan. Padahal, sudah tertulis bahwa polis jaminan kesehatan Anda tidak akan menanggung jenis penyakit tersebut dan Anda tidak menyatakan di awal saat pengajuan permintaan asuransi. Maka sudah pasti klaim Anda tidak akan disetujui.

2. Batas Waktu Pengajuan Klaim
Alasan lain yang membuat klaim ditolak adalah batas waktu pengajuan yang sudah terlewat. Anda bisa melihat dengan baik pada polis. Biasanya ada batas waktu yang ditentukan untuk mengklaim Uang Pertanggungan perawatan jika Anda memilih sistem klaim reimbursement. Limit waktu itulah yang harus jadi acuan Anda ketika ingin melakukan pengajuan. Lama waktu yang diterapkan perusahaan berbeda-beda, biasanya sekitar 30 sampai 60 hari usai pengobatan.

3. Dokumen Tidak Lengkap
Inilah yang sering terjadi pada saat pengajuan dana pertanggungan oleh nasabah. Misal, dokumen yang diajukan tidak memenuhi syarat, tidak ada diagnosis dokter yang jelas atau rincian tagihan tidak lengkap atau tidak ada rujukan ke dokter spesialis dari dokter umum. Usahakan agar Anda selalu membaca polis dan memahami syarat dan ketentuan dalam melakukan klaim. Jadi sewaktu diperlukan, Anda tinggal melengkapi dokumen-dokumen lain yang diperlukan.

4. Polis Tidak Aktif
Keadaan ini terjadi ketika pembayaran premi oleh nasabah terlambat atau menunggak. Perusahaan kemudian membuat catatan bahwa polis anda tidak aktif. Jika mengajukan klaim pada kondisi polis yang tidak aktif, sudah pasti pihak penanggung akan menolak ajuan tersebut. Klaim dapat diajukan kembali ketika polis aktif. Jadi, nasabah harus melunasi premi yang menunggak dahulu, baru berhak atas Uang Pertanggungan yang diajukannya.

Itulah beberapa alasan yang bisa berpotensi membuat pengajuan klaim jaminankesehatanAnda ditolak. Tentu Anda perlu belajar dari alasan-alasan tersebut. Jangan sampai melakukan kesalahan yang akan merugikan diri sendiri.

Jika Anda ingin mudah dalam pengajuan klaim asuransi kesehatan, pilihlah perusahaan yang tepercaya dan memiliki sistem pembayaran cashless. Salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang memiliki kemudahan dalam pengajuan klaim adalah Sequis. Silakan mencari tahu tentang asuransi kesehatan Sequis di sini.

Apabila memerlukan bantuan untuk menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant di www.sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Plan the Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?