‘Staycation’ saat Liburan Akhir Tahun, Apakah Aman?

3 Desember 2020



Staycation menjadi tren liburan baru di tengah pandemi karena dianggap lebih aman. Namun amankah hal ini dilakukan? Padatnya orang yang mengunjungi suatu tempat wisata sebenarnya tetap berpotensi untuk menularkan covid-19. Menghabiskan waktu liburan yang tepat dalam situasi seperti saat ini alangkah lebih baik dengan memilih untuk di rumah saja bersama keluarga. Namun, jika Anda ingin tetap bepergian bersama keluarga, gunakanlah kendaraan pribadi. Pilihlah liburan tipe staycation di hotel dengan tetap menjalankan prosedur kesehatan seperti tips berikut:

Selalu lakukan pengecekan dan patuhi prosedur yang diterapkan staf hotel
Saat memasuki lingkungan hotel, staf hotel akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan pada saat check-in petugas juga akan meminta informasi mengenai riwayat perjalanan dan sejenisnya. Selalu ikuti petunjuk serta prosedur yang diminta oleh petugas karena hal tersebut berguna menjaga keamanan dan kenyamanan setiap tamu hotel. 

Tetap jaga jarak dan gunakan masker selama berada di lingkungan hotel
Selama berada di hotel, Anda akan berinteraksi dengan para staf hotel ataupun tamu lainnya. Untuk itu, tetap jaga jarak, hindari kerumunan, dan selalu pakai masker medis. Bahkan, bila perlu pakai double masker medis serta tambah proteksi menggunakan face shield saat keluar kamar dan berada di lingkungan hotel.

Tetap Jaga Kebersihan Diri
Kunci utama terhindar dari penyakit adalah menjaga kebersihan. Caranya, perhatikan kebersihan makanan yang Anda konsumsi, meja dan kursi tempat Anda makan, peralatan makan yang dipergunakan, mandi secara rutin, segera cuci pakaian kotor yang telah dipakai, dan biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir segera setelah melakukan kontak dengan orang lain ataupun menyentuh permukaan benda yang ada di ruang publik. Di setiap sudut hotel dan fasilitas yang terdapat di hotel juga akan disediakan hand sanitizer yang bisa Anda gunakan sebelum dan setelah menggunakan fasilitas tersebut. 

Test Rapid atau Swab Sebelum dan Setelah Staycation 
Idealnya lakukan test rapid atau swab sebelum dan setelah berlibur karena bisa saja surat hasil test tersebut sewaktu-waktu dibutuhkan atau dicek oleh pihak yang hotel atau pihak yang berwajib di perjalanan.

Lengkapi Diri dan Keluarga dengan Asuransi Kecelakaan
Berada di jalan tentu ada risiko. Lengkapi diri dan keluarga dengan Super Holiday Protection dari Super You by Sequis. Ini adalah asuransi kecelakaan yang pas saat liburan. Preminya mulai dari Rp21.000/bulan, cukup terjangkau sehingga tidak mengganggu bujet liburan Anda. Dengan perlindungan biaya medis karena kecelakaan dan perlindungan optimal jika terjadi cacat total dan tetap, Anda akan lebih tenang melakukan perjalanan berlibur.

Butuh bantuan ?