Manfaat Mengikuti Lomba Pada Anak

Jumat, 25 Agustus 2017

Bermacam lomba yang diperuntukkan bagi anak-anak sering diadakan. Tidak hanya saat 17 Agustusan, mall-mall pun sering mengadakan lomba dengan tema tertentu untuk anak-anak. Selain memberikan keceriaan, lomba-lomba tersebut juga membawa banyak manfaat. Berikut diantaranya:

  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Berlomba memberi anak kesempatan berinteraksi dengan banyak orang. Baik yang sudah dikenalnya maupun yang baru pertama kali Ia temui. Berkenalan dan berinteraksi, dapat melatih anak percaya diri tampil di depan umum serta tahu cara menempatkan diri pada situasi baru.

 

  • Melatih mental anak

Lomba akan memberi anak pengalaman merasakan keberhasilan maupun kegagalan. Orangtua dapat melatih anak berjiwa besar saat menerima kekalahan atau sebaliknya mengajari sikap rendah hati ketika menjadi pemenang.

 

  • Belajar mandiri dan berpikir kreatif

Masing-masing perlombaan memiliki aturannya sendiri. Dalam aturan tersebut anak dibebaskan untuk menyelesaikan perlombaan dengan caranya sendiri tanpa campur tangan orangtua. Hal ini akan melatih kemandirian, kreativitas, serta kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

 

  • Mengenali kelebihan dan kekurangan diri

Saat berkompetisi anak akan mengenali apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Anak dapat belajar mengenali kelebihannya dan mengasahnya untuk terus menjadi semakin lebih baik. Sebaliknya, Ia juga dapat mencari cara untuk mengatasi kekurangannya.

 

  • Meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak

Selain menghabiskan waktu bersama, mengikuti perlombaan juga dapat membuat orangtua lebih mengenal kepribadian anak.

 

Pastinya dukungan orangtua penting bagi anak. Baik menang atau kalah, orangtua harus tetap dapat memberikan penghargaan atas pencapaian mereka. Menurut Psikolog dan Pengamat Anak, Dr. Seto Mulyadi Psi, Msi, orangtua sebaiknya terus memberi semangat dengan mengatakan bahwa anak sudah berusaha maksimal walaupun mereka kalah dalam perlombaan. Hal tersebut agar anak menjadi tidak mudah putus asa dan tetap bersemangat untuk terus mencoba serta berusaha

Butuh bantuan ?