Mata Lelah saat WFH? Lakukan Hal Ini Selama Pandemi

26 Januari 2021



Hampir satu tahun pandemi covid-19 melanda Indonesia. Selama itu pula, masyarakat dituntut untuk #dirumahaja. Alhasil, semua kegiatan yang sebelumnya dilakukan dengan bertatap muka seperti sekolah, kuliah, bekerja, dan meeting dengan rekan kantor harus dilakukan secara daring dengan menggunakan handphone, tablet, serta laptop/komputer.

Kebiasaan ini ternyata menimbulkan dampak negatif. Terlalu lama melihat monitor menyebabkan mata cepat lelah, kering, bahkan terasa nyeri. Berikut beberapa tips yang dirangkum dari situs resmi Universitas Gadjah Mada (ugm.ac.id) dan beberapa media online nasional.

1. Atur posisi layar
Layar monitor sebaiknya tepat di hadapan Anda atau setidaknya berjarak satu lengan. Bagian atas layar sebaiknya tepat di bawah ketinggian mata. Dengan begitu, Anda tidak menatap ke atas layar yang bisa mengakibatkan mata menjadi tegang. 

2. Atur tingkat cahaya dan kontras
Atur pencahayaan mirip dengan tingkat kecerahan ruangan. Cara pengaturan seperti ini dapat membantu meningkatkan kontras pada layar gadget Anda sehingga tegangan mata berkurang. Namun pastikan pula, Anda berada di dalam ruangan yang tidak dalam kondisi gelap.

3. Terapkan metode 20-20-20.
Setiap 20 menit, usahakan mengalihkan pandangan dari layar komputer/layar handphone dengan memandang benda berjarak enam meter selama 20 detik. Cara ini dilakukan untuk merelaksasi mata. Sebagai awalan, tempel pengingat di sebuah kertas agar Anda terbiasa melakukan rutinitas tersebut.

4. Jangan ragu untuk istirahat
Jangan forsir mata Anda untuk terus 'bekerja'. Bila perkuliahan/sekolah atau meeting telah selesai, usahakan istirahatkan mata dari layar maksimal 30 menit. Lakukan kegiatan lain semisal jalan di sekitar ruangan sambil meregangkan lengan dan kaki atau sekadar menyiram tanaman di rumah

Butuh bantuan ?